Komparasi Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Pencocokan Kartu Indeks dengan Model Ceramah terhadap Hasil Belajar Geografi di Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Kerinci

Mahyastuti, Yeva Lenda (2016) Komparasi Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Pencocokan Kartu Indeks dengan Model Ceramah terhadap Hasil Belajar Geografi di Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Kerinci. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_YEVA_LENDO_MAHYASTUTI_1106501_904_2016.pdf] Text
final_B1_1_YEVA_LENDO_MAHYASTUTI_1106501_904_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan hasil belajar yang signifikan antara Model pembelajaran aktif tipe pencocokan kartu indeks dengan model ceramah terhadap hasil belajar Geografi di kelas XI IPS SMA Negeri 3 Kerinci. Hipotesis kerja (H1) yang dikemukakan adalah ―Terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran aktif tipe pencocokan kartu indeks dan model ceramah pada mata pembelajaran Geografi kelas XI IPS SMA Negeri 3 Kerinci‖. Jenis penelitian ini tergolong pada penelitian eksperimen dengan metode analisis data akhir dengan menggunakan Uji-t untuk menguji perbedaan rerata nilai untuk dua buah sampel. Sampel penelitian ini sebanyak 28 siswa untuk masing-masing kelas sebanyak dua kelas yang dipilih secara Cluster Random Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang validitas dan reliabilitasnya sudah diuji. Data kemudian dianalisis dengan memanfaatkan program Microsoft Excel. Temuan penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara model pembelajaran aktif tipe pencocokan kartu indeks terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil di atas skor thitung sebesar 5,51 dan ttabel sebesar 1,71(0,05;28) dengan rata-rata nilai dengan metode pencocokan kartu indeks sebesar 83,93 dan model ceramah sebesar 79,82. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran aktif tipe pencocokan kartu indeks secara langsung mempengaruhi hasil belajar Geografi siswa di SMA Negeri 3 Kerinci

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Aktif Pencocokan Kartu Indeks Hasil Belajar Geografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 09 Dec 2025 03:56
Last Modified: 09 Dec 2025 03:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31635

Actions (login required)

View Item
View Item