Persepsi Guru tentang Pelaksanaan Tugas Kepala Sekolah dalam Bidang Administrasi Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat

Ariyanti, Yessi (2015) Persepsi Guru tentang Pelaksanaan Tugas Kepala Sekolah dalam Bidang Administrasi Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_YESSI_ARIYANTI_1100196_3969_2015.pdf] Text
final_B1_1_YESSI_ARIYANTI_1100196_3969_2015.pdf

Download (432kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan penulis di SMP Negeri Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Pertanyaaan penelian ini adalah 1) bagaimana pesersepsi guru tentang pelaksanaan tugas kepala sekolah dalam bidang administrasi peserta didik dalam mengelola kegiatan penerimaan peserta didik baru 2) bagaimana persepsi guru terhadap pelaksanaan tugas kepala sekolah dalam mengelola kelengkapan data ekstrakurikuler 3) bagaimana persepsi guru terhadap pelaksanaan tugas kepala sekolah dalam mengelola pencatatan bimbingan dan konseling. Rumusan masalah adalah bagaimana persepsi guru tentang pelaksanaan tugas kepala sekolah dalam bidang administrasi peserta didik di SMP Negeri Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat dalam pengelolaan penerimaan peserta didik baru, pengelolaan kelengkapan data ekstrakurikuler, dan pengelolaan pencatatan bimbingan dan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang bagaimana pelaksanaan tugas kepala sekolah dalam bidang administrasi peserta didik di SMP Negeri Kec. Ranah Batahan Kab. Pasaman Barat dilihat dari: 1) pengelolaan penerimaan peserta didik baru, 2) pengelolaan kelengkapan data ekstrakurikuler, dan 3) pengelolaan pencatatan bimbingan dan konseling. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan populasinya adalah seluruh guru di SMP Negeri Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat yang berjumlah 60 orang. Instrumen penelitian digunakan berupa angket yang disusun dalam bentuk Skala Likert. Data diolah dengan menggunakan rumus rata-rata (Mean). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa 1) Dalam pengelolaan penerimaan peserta didik baru berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4.36, 2) Dalam pengelolaan kelengkapan data ekstrakurikuler berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,07 (3) Dalam pengelolaan pencatatan bimbingan dan konseling berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 3,77 (4) Secara umum Persepsi guru tentang pelaksanaan tugas kepala sekolah dalam bidang administrasi peserta didik di SMP Negeri Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,07. Dari kesimpulan dapat dikemukakan beberapa saran 1) Kepala sekolah agar tetap semangat dan meningkatkan kemampuannya dalam mengelolan penerimaan peserta didik baru, 2) Kepala sekolah agar lebih meningkatkan kemampuannya dalam mengelola kelengkapan data ekstrakurikuler 4)l ebih meningkatkan kemampuannya dalam mengelola pencatatan bimbingan dan konseling

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 09 Dec 2025 03:31
Last Modified: 09 Dec 2025 03:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31578

Actions (login required)

View Item
View Item