Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Padang

Septriyanti, Yesi (2012) Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_YESI_SEPTRIYANTI_04590_5762_2012.pdf] Text
final_B1_1_YESI_SEPTRIYANTI_04590_5762_2012.pdf

Download (312kB)

Abstract

Skripsi ini dilakukan dengan tujuan sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan penguasaan kosakata siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang. Kedua, mendeskripsikan ketermpilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang. Ketiga, menganalisis hubungan penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang. Teori dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis argumentasi. Kedua, penguasaan kosakata. Ketiga, hubungan penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan pendekatan korelasional. Data penelitian diperoleh melalui tes. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data penguasaan kosakata dan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis argumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, tingkat penguasaan kosakata siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang adalah cukup (C). Hal ini dibuktikan dari perhitungan dengan rata-rata hitung (M) sebesar 57,49. Kedua, tingkat keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang adalah hampir cukup (HC) dengan rata-rata hitung (M) sebesar 52,29. Ketiga, didapatkan hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,687. Kemudian dilakukan uji-t dan diperoleh hasil 5,33. Dari hasil tersebut, hipotesis (H1) diterima pada taraf signifikan 95%, karena thitung > ttabel (5,33>1,687).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penguasaan kosakata
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 09 Dec 2025 02:40
Last Modified: 09 Dec 2025 02:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31555

Actions (login required)

View Item
View Item