Extavia, Vega (2012) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Kuis Tim dengan Tipe Giving Question Getting Answer (GQGA) pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMAN 7 Padang dan SMAN 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_VEGA EXTAVIA_84683_5283_2012.pdf
Download (260kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Kuis Tim dengan Tipe Giving Question Getting Answer (GQGA) pada SMAN 7 Padang dengan SMAN 8 Padang. Hipotesis penelitian adalah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Kuis Tim dengan Tipe Giving Question Getting Answer (GQGA) pada SMAN 7 Padang dengan SMAN 8 Padang Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas X.2 SMAN 7 Padang dan kelas X.8 SMAN 8 Padang. Teknik pengambilan sampel penelitian adalah Purposive Sampling, yaitu pengambilan sampel didasarkan pada pertimbangan tertentu. Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test), kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji Z. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata- rata kelas eksperimen I 83,50, dan kelas eksperimen II 77.56. Pada hasil post-test (tes akhir) diperoleh nilai Zhitung > Ztabel (3,69 > 1,96) yang membuktikan hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Kuis Tim dengan Tipe Giving Question Getting Answer (GQGA) pada SMA N 7 Padang dengan SMA N 8 Padang. Penggunaan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Kuis Tim dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang lebih baik dibandingkan dengan Tipe Giving Question Getting Answer (GQGA). Untuk itu disarankan kepada guru untuk dapat mempertimbangkan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Kuis Tim sebagai alternatif dalam proses pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Metode Pembelajaran GQGA |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 02:39 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 02:39 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31545 |
