Irmayana, Aprida (2016) Menganalisis Masalah Mahasiswa dalam penggunaan Alat -Alat Kohesi dalam Menulis Teks Analitikal Ekspositori: Studi di Program S1 Bahasa Inggris STKIP Tapanuli Selatan Padangsidimpuan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_02_APRIDA_IRMAYANA_1204351_2456_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas tulisan mahasiswa dilihat dari tulisan yang kohesif dan masalah-masalah mahasiswa dalam menggunakan alat alat kohesi dalam menulis teks analitikal ekspositori. Penelitian ini adalah jenis penelitian gabungan antara kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian adalah tulisan mahasiswa dalam mengarang teks analitikal ekspositori dan wawancara. Sumber data penelitian adalah mahasiswa semester dua jurusan Bahasa Inggris Kependidikan STKIP Tapanuli Selatan Padangsidimpuan sebanyak 80 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas tulisan mahasiswa masih rendah dilihat dari penggunaan alat-alat kohesif. Mahasiswa memiliki masalah dalam menggunakan alat-alat kohesi. Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor, yaitu dari segi kebahasaan, pragmatik, kognitif, dan budaya. Keempat faktor tersebut berpengaruh besar terhadap masalah penggunaan alat-alat kohesi dalam menulis teks analitikal ekspositori. Masalah tersebut berdampak terhadap kualitas tulisan mahasiswa. Oleh karena itu, perlu diberikan perhatian lebih dari dosen untuk memfasilitasi mahasiswa melakukan latihan menulis dengan menitikberatkan pada alat-alat kohesi dan melakukan pengkoreksian dengan teman.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Alat-alat Kohesi dalam Menulis Teks Analitikal Ekspositori |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 02:13 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 02:13 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31529 |
