Agnesia, Ossy (2017) Pengaruh Penggunaan Media Internet dalam Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Seni Budaya di kelas XI IPS SMA Negeri 4 Sungai Penuh. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_02_OSSY_AGNESIA_15167022_1131_2018.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh faktor masih rendahnya hasil belajar Seni Budaya siswa di kelas XI IPS SMA Negeri 4 Sungai Penuh yang pada umumnya masih belum mencapai KKM yang telah ditetapkan. Untuk mengatasi masalah tersebut maka digunakan Media Internet dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap : (1) perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media internet dalam pembelajaran dengan menggunakan media buku cetak pada pelajaran seni budaya, (2) perbedaan hasil belajar Seni Budaya siswa yang diajar menggunakan media internet dalam pembelajaran yang memiliki motivasi tinggi dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan media buku cetak yang memiliki motivasi tinggi, (3) perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media internet dalam pembelajaran yang memiliki motivasi rendah dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan media buku cetak yang memiliki motivasi rendah, (4) interaksi antara media pembelajaran dan motivasi dengan hasil belajar Seni Budaya siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa XI IPS SMA Negeri 4 Sungai Penuh yang berjumlah 125 orang siswa dan terdiri dari 4 kelas. Dilaksanakan pada semester pertama tahun ajaran 2017-2018. Sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan dianalisis dengan uji-t dan ANOVA. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar Seni Budaya siswa yang diajar menggunakan media internet dalam pembelajaran lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan media pembelajaran buku cetak, (2) hasil belajar Seni Budaya siswa yang diajar dengan menggunakan media internet dalam pembelajaran yang memiliki motivasi tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan media buku cetak yang memiliki motivasi tinggi, (3) hasil belajar Seni Budaya siswa yang diajar dengan menggunakan media internet dalam pembelajaran yang memiliki motivasi rendah lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan media buku cetak yang memiliki motivasi rendah, (4) tidak terdapat interaksi antara media pembelajaran dengan motivasi terhadap hasil belajar Seni Budaya siswa.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Quasi Eksperimen, Seni Budaya |
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 02:08 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 02:08 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31515 |
