Minat Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Negeri 3 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat.

Yennita, Yennita (2015) Minat Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Negeri 3 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_YENNITA_05380_2778_2015.pdf] Text
final_B1_1_YENNITA_05380_2778_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi, menganalisa dan mendeskripsikan data mengenai minat belajar siswa kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 3 Gunung Tuleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS, 2) faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS dan 3) upaya yang dilakukan dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Gunung Tuleh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara. Untuk menjawab masalah ini digunakan data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan melalui observasi, wawancara, diskusi dengan informan dan foto-foto yang diambil di lapangan, sedangkan data sekunder didapatkan dari pihak-pihak terkait. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil Penelitian menunjukkan: (1) minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 3 Gunung Tuleh masih kurang, hal ini dapat dilihat dari perhatian siswa, ketertarikan siswa, perasaan siswa dan keterlibatan siswa dalam belajar IPS.2) Faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Gunung Tuleh adalah kurangnya keingintahuan siswa untuk belajar IPS, kurangnya perhatian siswa terhadap pembelajaran IPS, siswa tidak memiliki ketertarikan untuk belajar IPS, siswa tidak merasa senang untuk belajar IPS, dan siswa belum menyadari manfaat belajar IPS bagi dirinya guna untuk memenuhi kebutuhan dan cita-citanya. Selain itu minat juga dipengaruhi oleh strategi pembelajaran yang masih konvensional yaitu guru mengajar hanya dengan metode ceramah dan tidak pernah menggunakan media 3) Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan minat siswa terhadap mata pelajaran IPS adalah dengan menggunakan metode yang bervariasi dalam mengajar, menggunakan media pembelajaran yang sesuai dan memberikan informasi pada siswa mengenai hubungan suatu bahan pelajaran yang akan diberikan dengan bahan pengajaran yang lalu atau menguraikan kegunaanya di masa depan siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat belajar Mata Pelajaran IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 09 Dec 2025 02:02
Last Modified: 09 Dec 2025 02:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31499

Actions (login required)

View Item
View Item