Pengaruh Kecerdasan Sosial dan Disiplin Siswa terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi di SMA N 13 Padang

Warliningsih, Dwi (2008) Pengaruh Kecerdasan Sosial dan Disiplin Siswa terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi di SMA N 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DWI WARLININGSIH 42879-03-08.pdf] Text
final_B1_DWI WARLININGSIH 42879-03-08.pdf

Download (165kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis 1) Pengaruh kecerdasan sosial terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi di SMA N 13 Padang, 2) Pengaruh disiplin siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi di SMA N 13
Padang, 3) Pengaruh kecerdasan sosial dan disiplin siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi di SMA N 13 Padang. Jenis penelitian ini digolongkan kepada expost facto yaitu penelitian yang
bertujuan untuk mendeteksi sejauh mana suatu variasi-variasi pada variabel bebas berpengaruh terhadap variasi-variasi pada satu atau lebih variabel terikat. Populasi
seluruh siswa kelas X SMA N 13 Padang pada Tahun Ajaran 2007/2008 yang berjumlah 190 orang siswa, untuk mengambil sampel dilakukan dengan metode Proposional
random sampling yang berjumlah 130 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan induktif. Hasil penelitian adalah bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan sosial terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 13 Padang yang
dibuktikan dengan nilai sig. = 0,007 <α = 0,01 dengan tingkat pengaruh sebesar 0,195 2) Terdapat pengaruh yang signifikan disiplin siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 13 Padang yang dibuktikan dengan nilai sig. = 0,001 <α =0,01 dengan tingkat pengaruh sebesar 0,204 3) Terdapat pengaruh yang signifikan
kecerdasan sosial dan disiplin siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 13 Padang yang dibuktikan dengan nilai sig. = 0,000 <
α = 0,01 dengan tingkat sumbangan secara bersama-sama sebesar 24,4%. Rata-rata hasil belajar ekonomi siswa SMA Negeri 13 Padang adalah sebesar 62,48. Rata-rata skor untuk
variabel kecerdasan sosial adalah sebesar 3,89 hal ini berarti kecerdasan sosial siswa baik. Rata-rata skor untuk variabel disiplin siswa adalah sebesar 3,88 hal ini berarti
disiplin siswa baik. Kepada Siswa, diharapkan untuk dapat mempertahankan kecerdasan sosial yang
telah dimilikinya, antara lain: kemampuan dalam bekerjasama, komunikasi yang baik,
empati, dan kepekaan sosial. Begitu juga untuk disiplin siswa, harus dapat lebih
ditingkatkan lagi terutama pada indikator tertantang dan terdorong untuk belajar,
seharusnya siswa dapat lebih meningkatkan lagi keinginannya untuk belajar agar hasil
belajar yang akan diperoleh baik. Dan para guru dan kepala sekolah untuk dapat menegur
para siswa yang melanggar disiplin dan juga yang memiliki disiplin yang rendah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 04 Dec 2025 02:43
Last Modified: 04 Dec 2025 02:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31400

Actions (login required)

View Item
View Item