Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Kompilasi Interaktif dalam Pembelajaran Fisika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Padang.

Nova, Devita (2011) Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Kompilasi Interaktif dalam Pembelajaran Fisika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DEVITA NOVA-73135-2011.pdf] Text
final_B1_DEVITA NOVA-73135-2011.pdf

Download (108kB)

Abstract

Rendahnya pemanfaatan hasil IPTEK dalam dunia pendidikanmenyebabkan hasil belajar siswa menjadi kurang memuaskan. Dengan dasar ini,bahan ajar kompilasi interaktif merupakan suatu alternatif solusi. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan bahan ajarkompilasi interaktif dan ketercapaian KKM yang telah ditetapkan sertamenyelidiki pengaruh penggunaan bahan ajar kompilasi interaktif terhadap hasilbelajar siswa kelas VII SMPN 2 Padang. Hipotesis dalam penelitian adalahterdapat pengaruh yang berarti dari penggunaan bahan ajar kompilasi interaktifterhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Padang.Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitianrandomized control group only design. Populasi dalam penelitian ini adalahsemua kelas VII SMPN 2 Padang. Sampel penelitian ini adalah kelas VII3 danVII4 yang didapatkan melalui teknik purposive sampling. Data yang diambilmerupakan hasil belajar ranah kognitif dan afektif. Instrumen untukmengumpulkan data hasil belajar ranah kognitif dan ranah afektif masing-masinglembaran tes hasil belajar dan lembaran observasi. Teknik analisis data yangdigunakan ada tiga yaitu konversi skor ke nilai, analisis statistik deskriptif, dan ujikesamaan dua rata-rata.Dari analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan dua hasilpenelitian ini. Pertama, nilai rata-rata hasil belajar siswa dalam pembelajaranfisika menggunakan bahan ajar kompilasi interaktif adalah 70,19 untuk ranahkognitif dan 73,04 untuk ranah afektif. Hasil belajar ini belum memenuhi KKMyang ditetapkan sekolah. Kedua, Pengaruh dari penggunaan bahan ajar kompilasiinteraktif dalam pembelajaran fisika yaitu dapat meningkatkan hasil belajar fisikasiswa baik pada ranah kognitif maupun ranah afektif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BAHAN AJAR FISIKA, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 04 Dec 2025 02:42
Last Modified: 04 Dec 2025 02:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31396

Actions (login required)

View Item
View Item