Perbedaan Hasil Belajar menggunakan Metode Latihan Terbimbing Disertai Pemberian Tugas Terstruktur dengan Metode Kuis Tim pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Siswa Kelas X SMK Negeri 7 Padang

Sari, Elsa Novita (2011) Perbedaan Hasil Belajar menggunakan Metode Latihan Terbimbing Disertai Pemberian Tugas Terstruktur dengan Metode Kuis Tim pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Siswa Kelas X SMK Negeri 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ELSA_NOVITA_SARI_77624_5790_2011.pdf] Text
final_B1_ELSA_NOVITA_SARI_77624_5790_2011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa
yang menggunakan Metode latihan terbimbing disertai tugas terstruktur dengan
metode kuis tim pada siswa kelas X di SMKN 7 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan rancangan
“Randomized Control Group Only Postest Desingd”. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X SMKN 7 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran
2010/2011. Kedua sampel dipilih dengan menggunakan teknik Purposive
Sampling. Untuk mendapatkan data dan informasi dalam penelitian ini, penulis
melakukan eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran pada kelas
sampel tersebut. Jenis data dari penelitian ini adalah data primer dan data
sekunder. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis induktif yang
dilakukan melalui uji T dengan terlebih dahulu melakukan uji normalitas dan
homogenitas terhadap varians kedua kelas sampel.
Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelas
Eksperimen 1 sebesar 75,78. Sedangkan untuk kelas Eksperimen 2 diperoleh nilai
rata-rata 68.67. Dari hasil analisis diketahui bahwa hasil belajar siswa yang
menggunakan metode latihan terbimbing disertai pemberian tugas terstruktur
berbeda signifikan dengan menggunakan metode kuis tim.
Dari hasil penelitian ini diharapkan akan memberikan jalan keluar bagi suatu
permasalahan rendahnya hasil belajar siswa khususnya dalam mata pelajaran IPS
ekonomi. Akhirnya, untuk dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa,
disarankan kepada guru untuk dapat mempertimbangkan Metode Latihan
Terbimbing disertai Tugas Terstuktur sebagai alternatif dalam proses
pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 04 Dec 2025 02:37
Last Modified: 04 Dec 2025 02:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31373

Actions (login required)

View Item
View Item