Zulhelmi, Zulhelmi (2012) Kontribusi Supervisi Manajerial Kepala Sekolah dan Komitmen pada Tugas terhadap Kinerja Kepala SD di Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_1_ZULHELMI_19712_5460_2012.pdf
Download (188kB)
Abstract
Berdasarkan pra survey di lapangan terlihat bahwa kinerja yang dimiliki oleh kepala SD di Kabupaten Pesisir Selatan masih kurang baik. Ini terlihat dari kurang baiknya pengelolaan yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam pelaksanaan tugasnya. Hal ini dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pembelajaran dan pada akhirnya pada tujuan pendidikan. Selanjutnya, peneliti menduga bahwa supervisi manajerial pengawas sekolah dan komitmen kepala sekolah pada tugas mempengaruhi kinerja kepala SD di Kabupaten Pesisir Selatan. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk menguji kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kontribusi supervisi manajerial pengawas sekolah dan komitmen kepala sekolah pada tugas terhadap kinerja kepala SD di Kabupaten Pesisir Selatan. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (1) supervisi manajerial pengawas sekolah berkontribusi terhadap kinerja kepala sekolah, (2) komitmen kepala sekolah pada tugas berkontribusi terhadap kinerja kepala sekolah, (3) supervisi manajerial pengawas sekolah dan komitmen kepala sekolah pada tugas secara bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja kepala sekolah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kepala SD Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 383 orang. Sampel penelitian berjumlah 100 orang yang diambil dengan teknik Stratified proportional Random Sampling, dengan mempertimbangkan strata tingkat pendidikan dan masa kerja. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket model Skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) supervisi manajerial pengawas sekolah berkontribusi terhadap kinerja kepala sekolah sebesar 20,7%, (2) komitmen kepala sekolah pada tugas berkontribusi terhadap kinerja kepala sekolah sebesar 17,3%,(3) supervisi manajerial pengawas sekolah dan komitmen kepala sekolah pada tugas secara bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja kepala sekolah sebesar 32,1%. Selanjutnya hasil analisis deskriptif mengungkap bahwa kinerja kepala sekolah dan supervisi manajerial pengawas sekolah, serta komitmen pada tugas berada pada kategori baik (81,53%, 81,34%, dan 80,21% dari skor ideal). Temuan di atas mengimplikasikan bahwa supervisi manajerial pengawas sekolah dan komitmen kepala sekolah pada tugas adalah dua faktor yang memiliki pengaruh terhadap kinerja kepala sekolah, akan tetapi masih banyak faktor lain yang ikut berpengaruh terhadap kinerja kepala sekolah guru yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kontribusi, Supervisi, Manajerial, Pengawas Sekolah, Kinerja |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 09:14 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 09:14 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31337 |
