Hadi, Yelmi (2016) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kreativitas Siswa terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_YELMI_HADI_1106492_1522_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kecerdasan emosional dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Bukittinggi yang berjumlah sebanyak 176 orang siswa. Dari sekian banyak populasi maka diambil sampel penelitian sebanyak 123 orang siswa yang diambil menggunakan pendapat Rahkmat dala Riduwan (2006). Penelitian ini menggunakan angket sebagai alat pengumpulan data primer dan wawancara langsung dengan guru Geografi untuk mengumpulkan data sekunder. Setelah data diperoleh selanjutnya diadakan beberapa analisis untuk menjawab hipotesis. Dalam hal ini penulis menggunakan rumus analisis regresi linear berganda, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji multikolinearitas. Selanjutnya baru dilakukan uji t, uji F, dan uji koefisien determinan. Berdasarkan analisis data yang didapatkan yaitu: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar Geografi siswa, kontribusinya yaitu sebesar 48,4%, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas siswa terhadap hasil belajar Geografi, kontribusinya yaitu sebesar 83,6%, (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara kecerdasan emosional dan kreativitas siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar Geografi. Dari hasil olahan data koefisien deterninan didapat R square 0,843. Hal ini mengidikasikan bahwa kontribusi variabel bebas yaitu kecerdasan emosional dan kreativitas siswa terhadap variabel terikat yaitu hasil belajar geografi siswa 84,3%, sedangkan 15,7% ditentukan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional Kreativitas Hasil Belajar Geografi |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 09:14 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 09:14 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31336 |
