Putri, Dwi Sujasfar (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Anak melalui Permainan Tata Suku Kata di TK Angkasa Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DWI SUJASFAR PUTRI_93957_2011.pdf
Download (197kB)
Abstract
Perkembangan membaca anak sangat penting untuk dilatih agar anak dapat menguasai kata, pamahaman dengan mendengar atau menyimak, serta berkomunikasi yang juga erat kaitannya dengan perkembangan pikiran anak nantinya akan tertuang melalui kata-kata yang akan diucapkan oleh anak jika
bersosialisasi dengan lingkungannya. Penelitian ini menggambarkan pemahaman anak tentang suku kata dalam meningkatkan kemampuan membaca anak,sehingga dapat dirumuskan pemasalahan dalam peneltian ini adalah media dan
alat peraga kurang bervariasi serta anak kurang tertarik dalam kegiatan membaca dan anak sulit memahami bentuk suku kata. Tujuan penelitian tindakan kelas ini
adalah untuk mengembangkan kemampuan membaca anak di TK Angkasa Padang melalui permainan tata suku kata, dikelompok B5, setelah penelitian ini diharapkan peneliti dapat mengetahui cara yang tepat untuk meningkatkan
kemampuan membaca. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Action Research, subjek penelitian murid TK Angkasa Padang dengan jumlah murid 17
orang Tahun Ajaran 2010/2011, Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam II siklus. Kemampuan membaca anak pada siklus I umumnya rendah, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan siklus I belum mencapai Kriteria
Ketuntasan Minimal, indikator yang belum tercapai adalah menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya,menyebutkan simbol-simbol, huruf vokal dan konsonan yang dikenal
dilingkungan sekitar dan menghubungkan gambar/ benda dengan kata. Berdasarkan hasil analisa, maka rencana pada siklus II direvisi kembali, dan pada siklus II kemampuan membaca anak terjadi peningkatan. Pada siklus I
persentase nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 2% dan terjadi peningkatan pada siklus II dengan persentase rata-rata 78%. Hasil persentase nilai anak
menunjukkan bahwa Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah tercapai sudah melebihi 75%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan
membaca anak melalui permainan tata suku kata di TK Angkasa Padang meningkat, dan permainan tata suku kata dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan membaca Anak Usia Dini usia 5–6 tahun.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 02:35 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 02:35 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31322 |
