Simbolon, Surya (2013) Hubungan Minat dan Cara Belajar dengan Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Batang Anai. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_SURYA _SIMBOLON _02222_247_2013.pdf
Download (540kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan, mengolah, menganalisis, dan
membahas data tentang hubungan minat belajar dan cara belajar dengan hasil belajar
IPS geografi siswa kelas VIII SMPN 1 Batang Anai.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Korelasional. Populasi pada
penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 8 lokal yang berjumlah 294
orang. Sampel dalam penelitian ini secara acak dengan proporsi 20% sehingga
sampel berjumlah 58 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
berupa angket terbimbing. Sebelum digunakan untuk memperoleh data, angket diuji
validitas dan reliabilitasnya. Analisis data digunakan dengan Analisis Desktiptif dan
Analisis Inferensial untuk menguji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Terdapat hubungan yang signifikan
dan positif antara minat belajar dengan hasil belajar dalam mata pelajaran IPS siswa
kelas VIII SMPN 1 Batang Anai, sebesar 0,7%. (2) Terdapat hubungan antara cara
belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 1 Batang Anai, sebesar 1,1%
dan (3) Terdapat kekuatan hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dan
cara belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas SMPN 1 Batang Anai, sebesar 1,6%.
Cara belajar merupakan variabel yang paling dominan terhadap hasil belajar IPS
siswa kelas VIII SMPN 1 Batang Anai.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1 |
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 02:33 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 02:33 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31319 |
