Pratama, Romy (2012) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Keterampilan Guru Menjelaskan dan Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_ROMI_PRATAMA_84759_1692_2012.pdf
Download (334kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Persepsi siswa tentang
keterampilan guru menjelaskan dan penggunaan media pembelajaran terhadap
hasil belajar ekonomi terhadap motivasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di
SMA Negeri 2 Padang Panjang (2) Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan
guru menjelaskan, penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar ekonomi
terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Padang
Panjang.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan kuantitatif. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI IS di SMA Negeri 2 Padang Panjang sebanyak 135
orang siswa. Teknik penarikan sampel dengan proportional random sampling
dengan jumlah sampel sebanyak 58 orang siswa. Teknik analisis data dengan
menggunakan analisis jalur (Path analysis) dengan uji signifikansi uji t dan uji F
sedangkan uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persepsi siswa tentang
keterampilan guru menjelaskan dan penggunaan media pembelajaran berpengaruh
signifikan terhadap hasil belajar ekonomi melalui motivasi belajar ekonomi
dengan jumlah pengaruh sebesar 0,83% (2) Persepsi siswa tentang keterampilan
guru menjelaskan, penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar ekonomi
berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi dengan jumlah pengaruh
langsung dan tidak langsung sebesar 32,40%.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan kepada siswa agar lebih
meningkatkan motivasi dalam mengikuti pelajaran. Kepada guru mata pelajaran
terutama mata pelajaran ekonomi agar lebih meningkatkan keterampilanketerampilan yang dimilikinya yaitu keterampilan menjelaskan dan keterampilan
menggunakan media pembelajaran harus disesuaikan dengan materi yang akan
disampaikan serta interaksi guru, media dan siswa dalam pembelajaran dapat
ditingkatkan lagi. Dan kepada peneliti selanjutnya dapat merubah variabel lain
yang dapat mempengaruhi hasil belajar ekonomi dalam penelitian ini.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 02:30 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 02:30 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31311 |
