Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Mahasiswa PLK (Praktek Lapangan Kependidikan) terhadap Minat Belajar Siswa di SMKN 2 Bukittinggi

Muhalisep, Dwi (2009) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Mahasiswa PLK (Praktek Lapangan Kependidikan) terhadap Minat Belajar Siswa di SMKN 2 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DWI MUHALISEP 48728-04-09.pdf] Text
final_B1_DWI MUHALISEP 48728-04-09.pdf

Download (99kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi mahasiswa PLK (Praktek Lapangan Kependidikan) terhadap minat belajar siswa di SMKN 2 Bukittinggi tahun ajaran 2008/2009. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi pada penelitian
iniadalah siswa kelas X SMKN 2 Bukittinggi yang diajar oleh mahasiswa PLK tahun ajaran 2008/2009 sebanyak 134 orang dan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 58 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
beruupa angket. Sebelum melakukan penelitian terlebih dahulu dilakukan uji coba penelitian untuk menentukan validitas dan reliabilitas instrumen penelitian.
Analisis data digunakan dengan dua cara yaitu 1) analisis deskriptif, 2) analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik mahasiswa PLK adalah baik dengan TCR 78,72%, persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian mahasiswa PLK adalah baik dengan TCR 82,07%, persepsi siswa tentang kompetensi profesional mahasiswa PLK adalah
sedang dengan TCR 64,48%, persepsi siswa tentang kompetensi sosial mahasiswa PLK adalah baik dengan TCR 78,97%, dan minat belajar siswa SMKN 2 Bukittinggi adalah baik dengan TCR 82,07%. Secara bersama-sama persepsi
siswa tentang kompetensi pedagogik, persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian, persepsi siswa tentang kompetensi profesional, persepsi siswa tentang kompetensi sosial berpengaruh terhadap minat belajar siswa di SMKN 2
Bukittingi dengan level sig < alpha (0,000 < 0,05) dan sumbangan persepsi siswa tentang kompetensi mahasiswa PLK adalah sebesar 54,3%. Berdasarkan temuan
ini dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap kompetensi mahasiswa PLK (Praktek Lapangan Kependidikan) adalah faktor penting yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis menyarankan kepada mahasiswa PLK untuk meningkatkan kompetensinya, terutama kompetensi pedagogik,kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional agar terbentuknya persepsi
siswa tentang kompetensi mahasiswa PLK yang baik di dalam proses belajar mengajar sehingga akan meningkatkan minat belajar siswa yang nantinya akan sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 04 Dec 2025 02:24
Last Modified: 04 Dec 2025 02:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31306

Actions (login required)

View Item
View Item