Devinaldi, Devinaldi (2014) Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DEVINALDI_18160_1255_2014.pdf
Download (526kB)
Abstract
Tujuan penelitian ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilanmenulis karangan eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 5 Padang tanpamenggunakan strategi pembelajaran inkuiri. Kedua, mendeskripsikanketerampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 5 Padangdengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri. Ketiga, mendeskripsikanpengaruh penggunaan strategi pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar menuliskarangan eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 5 Padang.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metodeeksperimen. Jenis eksperimen penelitian ini adalah quasi eksperiment(eksperimen semu). Rancangan yang digunakan adalah rancangan statis duakelompok. Teknik dalam penelitian ini adalah proportional random samplingatau penarikan sampel berdasarkan proporsi siswa per kelas, yaitu 15% per kelas,sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa. Data dalampenelitian ini adalah skor tes menulis karangan eksposisi siswa kelas X SMANegeri 5 Padang dengan strategi pembelajaran inkuiri dan tanpa strategipembelajaran inkuiri. Skor tersebut dibandingkan dengan menggunakan rumusuji-t untuk menganalisis pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadapketerampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 5 Padang.Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama,keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 5 Padangdengan strategi pembelajaran inkuiri tergolong baik (81,24). Kedua, keterampilanmenulis karangan eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 5 Padang tanpa strategipembelajaran inkuiri tergolong Lebih dari Cukup (73,12). Ketiga, berdasarkanhasil uji-t, disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima pada tarafsignifikansi 95% dan dk =( n1 + n2) – 2, karena thitung > ttabel (2,18>1,68). Dengandemikian strategi pembelajaran inkuiri tepat digunakan pada pembelajaranmenulis karangan eksposisi.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN INKUIRI, KETERAMPILAN MENULIS, KARANGAN EKSPOSISI |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education P Language and Literature > PN Literature (General) |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 02:02 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 02:02 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31296 |
