Aprizona, Doris (2012) Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Menggunakan Metode Cantol Raudhoh di Kelas I SD Negeri 37 Sungai Bangek Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DORIS APRIZONA_93797_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan fakta yang ditemukan oleh
penulis terkait dengan pembelajaran membaca permulaan di kelas I SD Negeri
37 Sungai Bangek Kecamatan Koto Tangah, dari obervasi dan wawancara
langsung yang dilakukan oleh penulis, ditemukan beberapa permasalahan
diantaranya metode yang digunakan oleh guru masih konvensional sehingga
timbul kebosanan bagi siswa. Pembelajaran membaca permulaan
menggunakan Metode Cantol Raudhoh dinilai sesuai dengan pembelajaran
membaca permulaan di kelas I SD.
Metode Cantol Raudhoh merupakan teknik menghafal yang
dikembangkan dalam “Quantum Learning”. Dalam penerapannya, metode ini
bersosialisasi dalam persamaan bunyi dan bentuk visual yang diterapakan
dalam bentuk-bentuk permainan. Atas dasar inilah penulis melakuakan
penelitian dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan
keterampilan membaca permulaan menggunakan Metode Cantol Raudhoh di
kelas I SD.
Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan kemampuan
membaca permulaan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia
menggunakan Metode Cantol Raudhoh. Nilai pada siklus I berdasarkan
penilaian hasil rata-tata yang diperoleh adlah 68,2%, ini belum mencapai
target KKM yang ingin dicapai yaitu 70,0%. Sedangkan nilai pada siklus II
mengalami peningkatan, yaitu dengan rata-rata 84,6%. Dan nilai ketentasan
belajar yang diperoleh siswa pada tahap prabnaca pada siklus I adalah 77,8%,
sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 86, 3%. Pada tahap
saat baca ketuntasan belajar siswa pada siklus I hanya 62,7%, sedangkan pada
siklus II yaitu 86,5%. Sedangkan pada tahap pasca baca persentase ketuntasan
belajar siswa hanya memperoleh rata-rata 68,25%, dan pada siklus II
mengalami peningkatan dengan rata-rata 84,76%. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa dalam penelitian tindakan kelas ini, Metode Cantol
Raudhoh yang digunakan dapat meningkatkan kemampuan membaca
permulaan di kelas I SD.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 02:10 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 02:10 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31259 |
