Nining, Hari (2017) Efektifitas Project Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Rias Wajah bagi Anak tunarungu di Kelas VIII SLB Wacana Asih Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_02_HARI_NINING_12004619_388_2017.pdf
Download (266kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan pada anak tunarungu di kelas VIII SLB Wacana Asih Padang. Anak dalam belajar keterampilan belum menguasai cara merias wajah. Peneliti menggunakan metode eksperimen yang berbentuk pre experimental design atau sering juga disebut dengan quasy experiment dengan jenis one group pretest-posttest design dengan sampel empat orang siswa. Kemampuan yang dinilai pretest dan posttest diolah serta dibandingkan dengan dengan menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan, kemampuan anak dalam merias wajah setelah dianalisis dengan melihat rata-rata pada saat pretest dan postest. Data diolah agar lebih ilmiah dengan menggunakan uji Mann Whitney. Diperoleh Uhit=1,5 dan Utab=1 dengan n = 4 pada taraf signifikan 90% dan α = 0,1 Hipotesid alternatif diterima karena Uhit > Utab. Jadi terbukti bahwa project based learning efektif dalam meningkatkan keterampilan merias wajah bagi anak tunarungu di SLB Wacana Asih Padang. Saran dalam penelitian ini agar guru dapat menggunakan pendekatan project based learning dalam meningkatkan kemampuan merias wajah bagi anak tunarungu
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | tunarungu, Project Based Learning |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 09:06 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 09:07 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31253 |
