Perbedaan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa yang Menggunakan Strategi The Firing Line dengan Strategi Ekspositori pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA N 1 Lengayang

Maria, Susi (2014) Perbedaan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa yang Menggunakan Strategi The Firing Line dengan Strategi Ekspositori pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA N 1 Lengayang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_SUSI_MARIA_13277_5487_2014.pdf] Text
final_B1_1_SUSI_MARIA_13277_5487_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat (1)
perbedaan hasil belajar antara siswa yang mempunyai motivasi tinggi dan
motivasi rendah, (2) perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan
strategi the firing line dan strategi ekspositori, dan (3) interaksi antara motivasi
(tinggi rendah) dengan strategi belajar (strategi the firing line dan strategi
ekspositori). Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian
adalah siswa kelas X SMAN 1 Lengayang. Teknik pengambilan sampel
Randomized Control Group Postest”. Sampel adalah kelas X.b sebagai kelas
eksperimen dan kelas X.d sebagai kelas kontrol. Jenis data terdiri atas data primer
dan data sekunder, sedangkan teknik analisis data adalah deskriptif dan analisis
induktif. Analisis induktif menggunakan ANOVA dua jalur.
Hasil penelitian adalah (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa
yang mempunyai motivasi tinggi dan motivasi rendah dengan sig = 0.042, lebih
kecil dari nilai α = 0.05 (sig<α) sehingga sehingga H0 ditolak. (2) terdapat
perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran the
firing linedan strategi ekspositori dengan sig = 0.002, lebih kecil dari nilai α =
0.05 (sig<α) sehingga H0 ditolak. (3) terdapat interaksi antara motivasi (tinggi
rendah) dengan strategi belajar (strategi the firing line dan ekspositori) dengan sig
= 0.012, lebih kecil dari nilai α = 0.005 (sig>α) sehingga H0 ditolak.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka disarankan kepada guru agar
menciptakan suasana belajar yang meningkatkan motivasi belajar siswa dan
menggunakan strategi belajar yang lebih beragam salah satunya dengan strtaegi
the firing line. Kepada siswa diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar
kearah yang lebih tinggi dan siswa yang memiliki motivasi yang tinggi dapat
mengajak dan menginspirasi bagi siswa yang memiliki motivasi rendah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 03 Dec 2025 01:57
Last Modified: 03 Dec 2025 01:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31236

Actions (login required)

View Item
View Item