Persepsi Siswa tentang Pemanfaatan Google Classroom dalam Pembelajaran Sejarah di SMA N 2 Batusangkar.

Putri, Indah Ayu (2021) Persepsi Siswa tentang Pemanfaatan Google Classroom dalam Pembelajaran Sejarah di SMA N 2 Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_02_INDAH_AYU_PUTRI_17046157_68_2022.pdf] Text
final_B1_02_INDAH_AYU_PUTRI_17046157_68_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang mengalami permasalahan dalam pemanfaatan media pembelajaran Google Classroom pada saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa tentang pemanfaatan Google Classroom dalam pembelajaran sejarah di SMA N 2 Batusangkar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket yang terdiri dari 20 item pertanyaan yang meliputi indikator langkah-langkah penggunaan Google Classroom, fungsi Google Classroom, kelebihan Google Classroom, kekurangan Google Classroom. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 88 orang siswa SMA Negeri 2 Batusangkar. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan hitungan persentase. Berdasarkan hasil penelitian, ternyata gambaran persepsi siswa tentang pemanfaatan Google Classroom dalam pembelajaran sejarah adalah sebagian besarnya siswa sudah memiliki penilaian yang positif yaitu (72%) dan penilaian yang negatif (28%). Dapat dikatakan siswa SMA N 2 Batusangkar sudah merasa puas dengan pemanfaatan Google Classroom dalam pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan indikator dari persepsi siswa tentang pemanfaatan Google Classroom masih ada yang memiliki persepsi negatif seperti, merasa puas belajar dengan menggunakan Google Classroom, berdiskusi dengan guru pada saat pembelajaran, dan mengirim tugas beru file dengan mudah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Management Sistem, Google Classroom, Persepsi Siswa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 08 Dec 2025 08:57
Last Modified: 08 Dec 2025 08:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31224

Actions (login required)

View Item
View Item