Efektifitas Pelatihan Wawasan Dasar Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Pemahaman Guru Sekolah Dasar terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar: Studi Deskriptif terhadap Guru-guru Sekolah Dasar di Gugus V Kenari Kecamatan Salo Kabupaten Kampar Riau

Tahardi, Tahardi (2009) Efektifitas Pelatihan Wawasan Dasar Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Pemahaman Guru Sekolah Dasar terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar: Studi Deskriptif terhadap Guru-guru Sekolah Dasar di Gugus V Kenari Kecamatan Salo Kabupaten Kampar Riau. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_TAHARDIS_82206_3639_2012.pdf] Text
final_1_TAHARDIS_82206_3639_2012.pdf

Download (214kB)

Abstract

Layanan konseling merupakan salah satu isi dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang berlaku untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Layanan bimbingan dan konseling serta kegiatan ekstra kurikuler merupakan komponen pengembangan diri peserta didik dan bagian yang integral dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kegiatan layanan konseling di Sekolah Dasar belum terlaksana seperti yang diharapkan, karena pemahaman guru-guru SD tentang wawasan dasar bimbingan dan konseling ini relatif rendah. Untuk itu perlu diberikan orientasi ataupun pelatihan dengan harapan meningkatnya wawasan, pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap guru terhadap bimbingan dan konseling sekaligus mendorong terlaksananya pelayanan bimbingan dan konseling di SD. Temuan penelitian “terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman peserta orientasi terhadap wawasan dasar bimbingan dan konseling antara sebelum dan sesudah orientasi”. Peningkatan pemahaman ini dapat dilihat dari wawasan dasar secara menyeluruh, pemahaman terhadap bidang pengembangan bimbingan dan konseling, pemahaman terhadap jenis layanan bimbingan dan konseling, dan terhadap peningkatan kegiatan pendukung bimbingan dan konseling. Mengacu kepada temuan penelitian ini, disarankan supaya setiap guru kelas di SD diberi kesempatan mengikuti pendidikan dalam jabatan (peningkatan kualifikasi pendidikan), pelatihan-pelatihan yang lebih intensif tentang pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SD. Pendidikan dan pelatihan dalam jabatan ini dapat dilakukan secara bersama antara satu organisasi profesi (ABKIN, IKI), Program Studi Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi dan pemerintah. Penulis yakin bila saran ini dapat ditindak lanjuti, maka kegiatan layanan bimbingan dan konseling di SD akan dapat berjalan sesuai dengan harapan dan tuntutan keprofesionalan.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas Pelatihan Wawasan Dasar Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Pemahaman Guru Sekolah Dasar terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. (Studi Deskriptif terhadap Guru-guru Sekolah Dasar di Gugus V Kenari Kecamatan Salo)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 08 Dec 2025 08:00
Last Modified: 08 Dec 2025 08:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31190

Actions (login required)

View Item
View Item