Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar Kelas II dengan Menggunakan Pendekatan Supervisi Kolaboratif di Kecamatan Padang Utara Kota Padang

Yuhelmi, Yuhelmi (2016) Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar Kelas II dengan Menggunakan Pendekatan Supervisi Kolaboratif di Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_YUHELMI_14124059_5378_2016.pdf] Text
final_1_YUHELMI_14124059_5378_2016.pdf

Download (9MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kompetensi profesional guru sekolah dasar melalui pendekatan supervisi kolaboratif di SDN Binaan Kecamatan Padang Utara Kota Padang Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah, subjek penelitian ini adalah guru SD Binaan Kecamatan Padang Utara Kota Padang khusus guru kelas II sebanyak 22 orang, alur penelitian (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Prosedur penelitian dilakukan dengan (1) studi pendahuluan (refleksi awal), (2) perencanaan, (3) tahap pelaksanaan, (4) pengamatan dan (5) refleksi. Teknik pengumpulan data (1) observasi, (2) catatan lapangan (3) dokumentasi, (4) Uji keabsahan data. Teknik analisis data (1) menelaah, (2) reduksi data, (3) menyajikan data, (4) menyimpulkan hasil penelitian dan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian mengambarkan bahwa peningkatan kompetensi profesional guru sekolah dasar melalui pendekatan supervisi kolaboratif di SDN Binaan Kecamatan Padang Utara Kota Padang, dilihat proses pembinaan yang dilakukan kepada guru kelas II SDN selama proses pembinaan dilaksanakan telihat guru semakin antusias bertanya, mau berbagi dengan teman sejawat, guru mau mengemukakan pendapat dan saling berkolaborasi dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Hasil observasi yang dilaksanakan terdapat peningkatan siklus I sebesar 74,47% siklus II meningkat sebesar 87,30%, melalui proses pembinaan yang melalui proses yang sistematis terdapat peningkatan kompetensi profesional sebesar 12,52%

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi profesional, supervisi kolaboratif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 08 Dec 2025 07:57
Last Modified: 08 Dec 2025 07:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31188

Actions (login required)

View Item
View Item