Arisanti, Yossa (2021) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Software Macromedia Flash 8 untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik di Kelas VI SD. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_1_YOSSA_ARISANTI_19124039_6069_2021.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya tingkat motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan guru belum memanfaatkan media yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, terutama media pembelajaran berbasis IT, sedangkan di SDN 01 Sawahan tersedia listrik yang memadai, laptop dan LCD yang bisa digunakan oleh guru sebagai media dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis software macromedia flash 8 yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (penelitian dan pengembangan). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Data yang diperoleh dianalisis dengan deskriptif persentase dan data kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner skala 4 untuk mengetahui tingkat validitas, praktikalitas, motivasi belajar peserta didik dan soal pretest posttest untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan yang dilakukan, multimedia pembelajaran interaktif terlebih dahulu divalidasi oleh validator ahli dan praktisi pendidikan untuk mendapatkan masukan sehingga diperoleh multimedia pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran tematik yang dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Multimedia pembelajaran interaktif berbasis software macromedia flash 8 yang dikembangkan masuk pada kategori sangat valid. Berdasarkan uji coba diketahui bahwa multimedia pembelajaran dapat memberikan kemudahan bagi peserta didik. Hal itu dapat dilihat dari respon peserta didik sehingga diperoleh tingkat praktikalitas multimedia pada kategori sangat praktis. Selanjutnya, multimedia pembelajaran interaktif berbasis software macromedia flash 8 telah memberikan dampak atau pengaruh terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari hasil pretest dan posttest yang dilakukan terhadap peserta didik. Oleh sebab itu, multimedia pembelajaran yang dikembangkan dapat dikatakan sangat efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif berbasis software macromedia flash 8 di kelas VI SD telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif, Software Macromedia Flash 8, Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 02:32 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 02:32 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31166 |
