Nr, Maisha Muhti (2025) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division terhadap Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_1_MAISHA_MUHTI_NR_21016155_888_2025.pdf
Download (9MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pancung Soal tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pancung Soal menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Ketiga, mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pancung Soal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Pancung Soal berjumlah 367 orang. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri atas kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu kelas X Fase E.11 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 33 orang. Kelas X Fase E.9 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 orang. Variabel penelitian ini yaitu keterampilan menulis teks biografi tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan keterampilan menulis teks biografi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes untuk kerja. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pancung Soal. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks biografi tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berada pada kualifikasi cukup (C) dengan rata-rata 60,61. Kedua, keterampilan menulis teks biografi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berada pada kualifikasI Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 73,23. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pancung Soal karena nilai t tabel iv <t hitung (1,79<4,82). Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pancung Soal.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 00:42 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 00:43 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31154 |
