Arni, Yeni (2014) Peningkatan Pembelajaran Tematik dengan Model Koopertif Tipe Number Head Together (NHT) di Kelas III SD Negeri 34 Cupak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_1_YENI_ARNI_1104339_3170_2014.pdf
Download (718kB)
Abstract
Pembelajaran tematik pada hakekatnya merupakan suatu sistem pembelajaran yang memungkinkan peserta didik baik secara individual maupun kelompok aktif mencari, menggali, mengeksplorasi, dan menemukan konsep, serta prinsip-prinsip secara holistik, autentik, dan berkesinambungan. Pentingnya pembelajaran tematik diterapkan di Sekolah Dasar ( SD ) khususnya kelas I, II, dan III ( kelas awal ) karena pada umumnya peserta didik masih melihat segala sesuatu sebagai suatu keutuhan ( holistik ) perkembangan fisiknya tidak bisa dipisahkan dengan perkembangan mental, sosial, dan emosinal. Berdasarkan kenyataan di lapangan pembelajaran tematik di kelas awal SD belum mampu mengembangkan keterampilan sosial peserta didik, misalnya kerja sama, toleransi, komunikasi, dan tanggap terhadap gagasan orang lain dalam proses pembelajaran. Kurangnya kejelian dan kemampuan guru dalam mengidentifikasi Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar serta menetapkan indikator pada setiap mata pelajaran yang akan dipadukan . masih adanya jadwal pembelajaran yang dipajang di dinding kelas, kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran akibatnya peserta didik kurang aktif, kreatif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran tematik dengan Model Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) di Kelas III SDN 34 Cupak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah : Penelitian Tindakan Kelas (PTK ). PTK merupakan proses perbaikan pembelajaran, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berlokasi di SDN 34 Cupak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok, dengan objek penelitian peserta didik kelas III yang berjumlah 18 orang. Penelitian ini dilakukan 3 siklus, dimulai tanggal 16 Maret 2013 sampai tanggal 24 Mei 2013. Data di kumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, catatan lapangan dan refleksikan untuk melakukan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa model kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik. Peningkatan setiap siklus I adalah: 55,37, pada siklus II meningkat menjadi: 69,44 dan siklus III meningkat lagi menjadi: 88,33. Peningkatan dapat dilihat hampir seluruh peserta didik sudah aktif, kreatif dan semangat dalam belajar. Dengan demikian peserta didik sudah dapat melaksanakan pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe NHT. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa : ( 1 ) Penggunaan Model Kooperatif Tipe Number Head Together ( NHT ) dapat meningkatkan proses pembelajaran Tematik peserta didik kelas III SDN 34 Czupak. ( 2 ) Adanya beberapa faktor yang mempengaruhi proses peningkatan tersebut, diantaranya : ( a ) Kerja sama, toleransi dan komunikasi yang dijalin antara peserta didik dengan peserta didik, antara peserta didik dengan guru. ( b ) Sikap dan tindakan guru dalam proses pembelajaran ( c ) Keadaan dan kondisi proses pembelaj
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Yen Arni (2014) : Peningkatan Pembelajaran Tematik dengan Model Koopertif Tipe Number Head Together (NHT) di Kelas III SD Negeri 34 Cupak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 01:34 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 01:34 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31108 |
