Kontribusi Kompetensi Pedagogik dan Iklim Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru Sekolah dasar Negeri di Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman

Warlif, Syamsi (2009) Kontribusi Kompetensi Pedagogik dan Iklim Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru Sekolah dasar Negeri di Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_SYAMSI_WARLIF_91249_6590_2012.pdf] Text
final_1_SYAMSI_WARLIF_91249_6590_2012.pdf

Download (110kB)

Abstract

Berdasarkan observasi secara umum di Lapangan, motivasi kerja guru-guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman terkesan masih rendah, dan keadaan ini dapat berdampak pada penurunan kualitas pendidikan di sekolah-sekolah tersebut, kecuali ada usaha untuk melakukan berbagai perbaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kontribusi kompetensi pedagogik dan iklim sekolah terhadap motivasi kerja guru, kemudian menyarankan alternatif alternatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan tersebut. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini dibatasi pada dua variabel bebas yaitu kompetensi pedagogik dan iklim sekolah dan satu variable terikat adalah motivasi kerja guru. Hipotesis yang diajukan adalah kompetensi pedagogik dan iklim sekolah berkontribusi terhadap motivasi kerja guru, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Populasi penelitian ini adalah guru-guru sekolah dasar negeri sekecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman sebanyak 158 orang dengan sampel 102 orang diambil dari populasi tersebut berdasarkan teknik stratified propotional random sampling dengan tingkat pendidikan dan masa kerja sebagai strata. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner model skala Likert yang telah diuji kasahihan dan keterandalannya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: a) kompetensi pedagogik berkontribusi terhadap motivasi kerja guru sebesar 6,7 %, b) iklim sekolah berkontribusi terhadap motivasi kerja guru sebesar 17,6 %, c) secara bersama sama kompetensi pedagogik dan iklim sekolah berkontribusi terhadap motivasi kerja guru sebesar 21,7 %. Analisis di atas telah menunjukkan pula bahwa ketiga hipotesis dapat diterima secara empiris dan hal ini dapat diartikan bahwa untuk meningkatkan motivasi kerja guru-guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman perlu ditingkatkan kompetensi pedagogik dan diciptakan iklim sekolah yang kondusif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Kompetensi Pedagogik dan Iklim Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru Sekolah dasar Negeri di Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 05 Dec 2025 01:34
Last Modified: 05 Dec 2025 01:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31106

Actions (login required)

View Item
View Item