Yenderi, Yenderi (2011) Kontribusi Motivasi Kerja Guru Dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Batang Kapas. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_1_YENDERI_51367_3710_2012.pdf
Download (189kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan kasat mata di lapangan masih banyak guru yang lalai dalam menyiapkan perangkat mengajarnya. Bahkan beberapa dari mereka, mengajar di kelas tanpa menggunakan RPP. Diduga kinerja guru masih rendah dalam melaksanakan tugasnya. Kurangnya kinerja guru diduga karena rendahnya motivasi kerja guru dan pelaksanaan supervisi kepala sekolah yang kurang efektif. Lebih lanjut lagi akan mengakibatkan rendahnya mutu pendidikan atau kompetensi siswa pada suatu sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar kontribusi Motivasi Kerja Guru dan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Batang kapas. Terdapat tiga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu motivasi kerja guru berkontribusi terhadap kinerja guru, Supervisi Kepala Sekolah berkontribusi terhadap Kinerja guru, motivasi kerja guru dan Supervisi Kepala Sekolah berkontribusi terhadap Kinerja kerja guru Metoda penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan populasi guru SD Negeri di Kecamatan Batang Kapas sebanyak 385 dan sampel penelitian sebanyak 121 orang yang diambil menggunakan teknik stratified Proportional Random Sampling dengan mempertimbangkan masa kerja dan strata pendidikan. Instrumen yang digunakan adalah angket yang sudah diuji kehandalan dan kesahihannya dengan program Monas Versi 12 (c) 2009 oleh Dr.H.Nasrullah Aziz.. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan teknik korelasi dan regresi. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Motivasi Kerja Guru berkontribusi signifikan terhadap Kinerja guru sebesar 17 % (2) Supervisi Kepala Sekolah berkontribusi signifikan terhadap Kinerja guru sebesar 6,4% (3) Motivasi Kerja Guru dan Supervisi secara bersama-sama berkontribusi signifikan terhadap Kinerja guru sebesar 20,4 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis dapat diterima secara empiris. Hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa Motivasi Kerja Guru dan Supervisi kepala sekolah merupakan dua faktor yang berkontribusi terhadap Kinerja guru. Oleh karena itu diharapkan kepada pihak pihak terkait agar memperhatikan kedua faktor tersebut agar Kinerja guru dapat meningkat.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | YENDERI, 2011. Kontribusi Motivasi Kerja Guru Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Di Kecamatan Batang Kapas, Tesis Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Padang. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 01:32 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 01:32 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31085 |
