Peningkatan Kemampuan Menulis Berita dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas VIII.1 SMP Negeri 5 Padang Panjang

Yuliarti, Y (2013) Peningkatan Kemampuan Menulis Berita dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas VIII.1 SMP Negeri 5 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_YULIARTI_96415_5099_2013 .pdf] Text
final_B1_1_YULIARTI_96415_5099_2013 .pdf

Download (553kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis berita dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 5 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, untuk menentukan peningkatan hasil belajar siswa digunakan deskripsi kuantitatif. Data penelitian ini berupa hasil tes menulis berita siswa, hasil lembar observasi, dan hasil angket respons siswa terhadap pembelajaran kemampuan menulis berita dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 5 Padang Panjang yang berjumlah 25 orang. Data dianalisis berdasarkan langkah langkah berikut. Pertama, mengelompokkan data. Kedua, memberikan skor. Ketiga, mengubah skor menjadi nilai. Keempat, mengkualifikasikan data. Kelima, menentukan rata-rata kemampuan menulis berita. Keenam, membahas dan menyimpulkan hasil penelitian. Berdasarkan deskripsi data dan analisis data disimpulkan bahwa kemampuan menulis berita dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 5 Padang Panjang dari prasiklus sampai siklus II mengalami peningkatan. Rata-rata kemampuan menulis berita dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 5 Padang Panjang pada prasiklus diperoleh nilai rata-rata siswa 46,44% dengan kualifikasi hampir cukup, pada siklus I meningkat menjadi 66,44% dengan kualifikasi lebih dari cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 85,11% dengan kualifikasi baik. Peningkatan kemampuan menulis berita pada tiap siklus diikuti dengan perubahan perilaku ke arah positif. Hal tersebut terlihat pada keaktifan siswa dan keantusiasan siswa dalam mengikuti pembelajaran serta siswa merasa senang dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran menulis berita dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 05 Dec 2025 01:30
Last Modified: 05 Dec 2025 01:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31075

Actions (login required)

View Item
View Item