Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Schoology untuk Mata Kuliah Anatomi dan Fisiologi Manusia di Universitas Negeri Padang.

Fernando, Adam (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Schoology untuk Mata Kuliah Anatomi dan Fisiologi Manusia di Universitas Negeri Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_ADAM_FERNANDO_14177001_4611_2016.pdf] Text
final_3_ADAM_FERNANDO_14177001_4611_2016.pdf

Download (809kB)

Abstract

Masalah yang ditemukan dalam perkuliahan anatomi dan fisiologi manusia adalah mahasiswa kesulitan untuk menjelaskan keterkaitan antara struktur dan fungsi organ tubuh manusia. Pemanfaatan Schoology secara nyata di Universitas Negeri Padang sebagai media pembelajaran masih belum optimal. Oleh karena itu, penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis Schoology untuk mata kuliah anatomi dan fisiologi manusia yang valid, praktis dan efektif perlu untuk dilakukan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tahap preliminary research, prototyping dan assessment. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga orang validator, dua orang dosen, dan dua kelas mahasiswa Pendidikan Biologi 2013 di Universitas Negeri Padang. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui lembar validasi dan praktikalitas. Efektivitas diperoleh dari data tes kognitif, kompetensi afektif dan psikomotor mahasiswa yang diperoleh melalui lembar observasi. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis Schoology. Media yang dihasilkan dikategorikan cukup valid pada aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikaan. Media yang dihasilkan juga dikategorikan sangat praktis baik dari penilaian dosen, evaluasi one-to-one dan penilaian kelompok kecil mahasiswa. Sedangkan media yang dihasilkan termasuk ke dalam kategori praktis berdasarkan penilaian dari uji lapangan. Hasil analisis efektivitas media yang dihasilkan menunjukkan bahwa pada kelas asynchronous memiliki tingkat aktivitas yang lebih baik dibandingkan dengan kelas synchronous. Hasil pengukuran terhadap kompetensi kognitif menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan rata-rata kompetensi kognitif mahasiswa secara signifikan antara kelas synchronous dengan kelas asynchronous.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Anatomi dan Fisiologi Manusia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 05 Dec 2025 01:28
Last Modified: 05 Dec 2025 01:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31058

Actions (login required)

View Item
View Item