Prayogi, Doni (2010) Peningkatan Hasil belajar Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme Dalam Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD Al-Azhar Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DONI_PRAYOGI_07558_764_2011.pdf
Download (162kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru dan masih melaksanakan pembelajaran secara konvesional. Berdasarkan pengamatan peneliti pada tanggal 17 Mei 2010 ditemukan
hasil belajar IPS siswa masih rendah, untuk itu peneliti melalui penelitian tindakan kelas ini ingin mencoba meningkatkan hasil siswa dengan menggunakan pendekatan
konstruktivisme dala pembelajaran IPS Di kelas IV SD Al-Azhar Bukittinggi.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Pendekatan Konstruktivisme dalam pembelajaran IPS di kelas
IV SD AlAzhar Bukittinggi. Subjek penelitian adalah siswa kelas kelas IV SD AlAzhar Bukittinggi, jumlah siswa kelas IV SD Al-Azhar Bukittinggi adalah 21 0rang,jumlah laki-laki 9 orang dan perempuan 12 orang. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan
Kelas (PTK). Dari nilai rata-rata hasil belajar Siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan Konstruktivisme pada siklus I dan siklus II mengalami
peningkatan.. Nilai siklus I pertemuan I dengan rata-rata 60, 75 dan pada pertemuan II nilai rata-rata 68,1 pada siklus II rata-rata 78,10. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa
kelas IV SD Al-Azhar Bukittinggi.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 01:45 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 01:45 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31045 |
