Analisis Perbedaan Hasil Belajar Media Kartun dan Bagan (Chart) Dibandingkan dengan Menggunakan Media Papan Tulis pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 4 Kota Pariaman dan SMA Negeri 3 Kota Pariaman.

Suhelmi, Yulia (2012) Analisis Perbedaan Hasil Belajar Media Kartun dan Bagan (Chart) Dibandingkan dengan Menggunakan Media Papan Tulis pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 4 Kota Pariaman dan SMA Negeri 3 Kota Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_YULIA_SUHELMI_84702_6028_2012.pdf] Text
final_B1_1_YULIA_SUHELMI_84702_6028_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan media kartun dan bagan (chart) dengan siswa yang belajar menggunakan media papan tulis. Penelitian ini dilaksanakan pada pelajaran Ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Pariaman dan SMA Negeri 3 Kota Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan rancangan penelitian media kartun dan bagan (chart). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota pariaman dan SMA Negeri 3 Kota pariaman. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Pariaman dan SMA Negeri 3 Kota Pariaman, dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas X2 SMA Negeri 4 Kota Pariaman sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas X4 SMA Negeri 3 Kota Pariaman sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dari hasil tes formatif mengenai pokok bahasan “Perilaku konsumen dan Perilaku produsen”. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen 78,52 lebih tinggi dari rata-rata kelas kontrol 73,13, sedangkan Z-test menunjukan bahwa Zhit = 2,29 dan Ztab = 1,96 pada α = 0,05 sehingga Zhit < Ztab artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar ekonomi siswa yang diajarkan menggunakan media kartun dan bagan (chart) dengan hasil belajar menggunakan media papan tulis. Dengan kata lain terdapat perbedaan yang berarti penggunaan media kartundan bagan (chart) dengan pembelajaran menggunakan media papan tulis dalam pembelajaran. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa disarankan sebaiknya guru menggunakan media kartun dan bagan (chart) sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran ekonomi karena dapat meningkatkan motivasi, keinginan siswa untuk belajar dan lebih memahami materi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 03 Dec 2025 09:56
Last Modified: 03 Dec 2025 09:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31039

Actions (login required)

View Item
View Item