Muslim, Doni Kurnia (2011) Pengaruh Kreativitas Guru dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII di SMP N 1 Sintoga Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DONI_KURNIA_MUSLIM_77703_5895_2011.pdf
Download (486kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh kreativitas guru dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa di SMP N 1 Sintoga, (2) Pengaruh komunikasi dalam proses pembelajaran terhadap hasil
belajar IPS Terpadu siswa di SMP N 1 Sintoga, (3) Pengaruh kreativitas guru dan komunikasi terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa di SMP N 1 Sintoga. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sintoga yang terdiri dari enam kelas yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 210
orang. Teknik penarikan sampel adalah proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 70 orang. Teknik analisis data adalah analisis regresi
berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh signifikan positif antara kreativitas guru terhadap hasil belajar dengan tingkat signifikan 0,021 < α = 0,05 dan t hitung 2,373 > t 1,993 (hipotesis 1 diterima), (2) Terdapat pengaruh signifikan positif antara komunikasi terhadap hasil belajar dengan tingkat signifikan 0,000 < α = 0,05 dan t tabel hitung 5,500 > t 1,993 (hipotesis 2
diterima). tabel Oleh karena itu, disarankan kepada guru untuk lebih meningkatkan kreativitasnya dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa dan lebih meningkatkan komunikasi antara guru dan murid atau sebaliknya sehingga
tercipta suatu hubungan yang harmonis antara guru dengan siswanya atau sebaliknya.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 01:43 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 01:43 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31034 |
