Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Pecahan dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Teams Games Turnament di Kelas IV SD Negeri 20 Salayo Tanang

Syafrianto, Syafrianto (2016) Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Pecahan dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Teams Games Turnament di Kelas IV SD Negeri 20 Salayo Tanang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_SYAFRIANTO_14124050_6346_2016.pdf] Text
final_1_SYAFRIANTO_14124050_6346_2016.pdf

Download (552kB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh masih rendahnya motivasi dan hasil belajar Matematika di kelas IV SDN 20 Salayo Tanang. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Matematika dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe TGT. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus pada semester II 2015/2016 dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 28 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui pengamatan aktivitaas siswa, angket motivasi belajar dan tes. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan model kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika. Peningkatan motivasi belajar siswa terlihat pada siklus I dengan persentase 20% siswa menyatakan sangat setuju, 51% siswa menyatakan setuju. Sedangkan pada siklus II memperoleh nilai dengan persentase 46% siswa menyatakan sangat setuju, 30% siswa menyatakan setuju. Peningkatan hasil belajar siswa terlihat pada siklus 1 dengan nilai rata-rata 68,55, pada siklus II menjadi 77,32. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan model pembelajaran kooperatif tpe TGT dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Pecahan dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Teams Games Turnament di Kelas IV SD Negeri 20 Salayo Tanang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 03 Dec 2025 02:17
Last Modified: 03 Dec 2025 02:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31018

Actions (login required)

View Item
View Item