Pengaruh Pembelajaran Media CD Interaktif dan Pengetahuan Awal terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Islam As Shofa Pekanbaru

Syafriadis, Syafriadis (2012) Pengaruh Pembelajaran Media CD Interaktif dan Pengetahuan Awal terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Islam As Shofa Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_SYAFRIADIS_20220_663_2013.pdf] Text
final_1_SYAFRIADIS_20220_663_2013.pdf

Download (158kB)

Abstract

Hasil identifikasi masalah di SMA Islam As Shofa Pekanbaru menunjukkan pola pembelajaran berpusat pada guru, kurang memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kreativitas kemampuan berfikir dan kebiasaan bertindak dalam mengkonstruksi pengetahuan. Kecendrungan guru dengan metode ceramah sehingga membuat siswa pasif dalam pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat mengungkapkan apakah (1) hasil belajar siswa yang diajar dengan media CD interaktif lebih tinggi daripada yang diajar dengan pembelajaran powerpoint, (2) hasil belajar siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi diajar dengan media CD interaktif lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar geografi yang berpengetahuan awal tinggi yang diajar dengan media powerpoint, (3) hasil belajar geografi siswa yang memiliki pengetahuan awal rendah diajar dengan media CD Interaktif lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar geografi siswa yang berpengetahuan awal rendah yang diajar dengan media powerpoint , (4) terdapat interaksi antara media CD Interaktif dengan pengetahuan awal terhadap hasil belajar geografi. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan disain penelitian factorial 2 x 2 , control group design. Penelitian ini dilakukan di SMA Islam As Shofa Pekanbaru semester genap tahun 2011/2012. Sampel diambil dengan teknik Porposive Random Sampling. Data penelitian ini dikumpulkan melaui tes awal dan tes akhir. Data analisis dengan uji t dan analisa varians. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar siswa dengan menggunakan CD Interaktif lebih tinggi dibendingkan dengan media powerpoint, (2) hasil belajar siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi diajar dengan media CD Interaktif lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar pengetahuan awal tinggi yang diajar dengan media powerpoint, (3) hasil belajar siswa yang memiliki pengetahuan awal rendah diajar dengan media CD Interaktif lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang memiliki pengetahuan awal rendah yang diajar dengan media powerpoint, (4) tidak terdapat interaksi antara media CD Interaktif dengan hasil belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa etode media CD Interaktif berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dari pada media powerpoint.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Pembelajaran Media CD Interaktif dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Islam As Shofa Pekanbaru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 03 Dec 2025 02:14
Last Modified: 03 Dec 2025 02:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31008

Actions (login required)

View Item
View Item