Syafriadi T, Syafriadi T (2013) Peningkatan Kinerja dan Motivasi Guru dalam Tematik melalui Penerapan Kolaborasi pada Kelompok Kerja Guru Kelas II di SDN 06 Kampung Lapai Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_1_SYAFRIADI_T_1104340_5732_2013.pdf
Download (99kB)
Abstract
Pembelajaran tematik belum terlaksana dan guru mengajar masih memisahkan berbagai bidang studi. Pembelajaran belum mencerminkan dunia nyata dalam rentang kemampuan dan perkembangan peserta didik. Penelitian bertujuan meningkatkan kinerja dan motivasi guru dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan tematik yaitu proses pembelajaran berlangsung dengan memadukan beberapa bidang studi melalui pemilihan tema, mengorganisasikan tema, mengumpulkan bahan dan sumber yang kontekstual, merancang kegiatan serta mengimplementasikan RPP. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan Pengawas sekolah dilaksanakan dalam proses berdaur (cyclical) terdiri dari empat tahap yaitu planning, action, observation, dan reflection. Lokasi penelitian KKG Gugus I SDN 06 Kampung Lapai Kecamatan Nanggalo Kota Padang dengan subjek penelitian guru kelas II. Dilakukan 2 siklus, dimulai pada bulan November 2012 sampai tanggal Desember 2012. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, studi dokumen, perekaman atau pemotretan serta catatan lapangan. Keefektifan tindakan pada setiap siklus dari hasil pemantauan dan pengamatan pada pra pembelajaran, saat pembelajaran dan paska pembelajaran didiskripsikan dan diinterprestasikan kemudian direfleksikan untuk melakukan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya. Temuan penelitian menunjukan bahwa penerapan kolaborasi dalam wadah KKG dapat meningkatan kinerja dan motivasi guru dalam perencanan dan pembelajaran dengan pendekatan tematik. Peningkatan dapat dilihat dari nilai rata-rata dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran pada siklus I 62% dan siklus II 87% tejadi peningkatan 25%. Pelaksanaan proses pembelajaran pada siklus I 55% dan siklus II 85% tejadi peningkatan 30%. Peningkatan disebabkan oleh pemotivasian sehingga tercipta ketekunan berkerja, keuletan menghadapi masalah, minat dan ketajaman perhatian terhadap tugas serta keinginan meningkatkan prestasi kerja. Temuan penelitian disimpulkan bahwa penerapan strategi kolaborasi dalam wadah KKG dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan kinerja dan motivasi guru dalam perencanaan dan pembelajaran pendekatan tematik di SD pada kelas rendah.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Kinerja dan Motivasi Guru dalam Pembelajaran Tematik melalui Penerapan Kolaborasi pada Kelompok Kerja Guru Kelas II di SDN 06 Kampung Lapai Kecamatan Nanggalo Kota Padang |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 02:10 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 02:10 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30992 |
