Sari, Devi Novita (2011) Penerapan Strategi Question Students Have dalam Pembelajaran Matematika di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Lubuk Alung Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DEVI NOVITA SARI-86101-2011.pdf
Download (233kB)
Abstract
Salah satu aktivitas yang jarang dilakukan siswa dalam pembelajaran adalahbertanya, baik secara lisan maupun tulisan. Dengan bertanya siswa lebih cepatmemahami materi yang diberikan oleh guru dan begitu juga sebaliknya, gurupundapat mengetahui materi yang tidak dipahami atau diragukan oleh siswa. Hal iniberpengaruh pada peningkatan hasil belajar. Salah satu upaya yang dapatmeningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika adalah melalui penerapanstrategi Question Students Have. Strategi ini mengharuskan siswa menulispertanyaan yang dimilikinya dalam bentuk tulisan. Rumusan masalah dalampenelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah aktivitas siswa selama pembelajaranmatematika dengan menerapkan strategi Question Students Have?, (2) Apakahhasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan strategiQuestion Students Have lebih baik daripada hasil belajar matematika siswadengan pembelajaran konvensional?. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui: (1) Aktivitas siswa selama pembelajaran dengan strategi QuestionStudents Have, (2) Apakah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannyamenggunakan strategi Question Students Have lebih baik daripada hasil belajarmatematika siswa dengan pembelajaran konvensional.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancanganRandomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruhsiswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Lubuk Alung yang terdaftar pada tahunpelajaran 2010/2011. Pengambilan sampel dilakukan secara random, sehinggaterpilih kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelaskontrol. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang diberikan kepada keduakelas sampel dan lembar observasi yang digunakan pada kelas eksperimen. Datayang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji t.Berdasarkan hasil hipotesis, diperoleh nilai P = 0,013. Karena nilai P lebihkecil dari α = 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwahasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan strategiQuestion Students Have lebih baik daripada hasil belajar matematika siswadengan pembelajaran konvensional. Dari hasil analisis lembar observasi, secaraumum aktivitas belajar siswa selama diterapkan strategi Question Students Havecenderung mengalami peningkatan.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN MATEMATIKA |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 05:44 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 05:44 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30982 |
