Fitri, Devi (2011) Kontribusi Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Menganalisis Rangkaian Listrik Kelas X TITL di SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DEVI FITRI-94136-2012.pdf
Download (244kB)
Abstract
Motivasi berprestasi adalah suatu dorongan yang timbul pada diri siswauntuk melakukan usaha yang dapat menyebabkan siswa memperoleh prestasibelajar yang lebih baik dari hari ke hari. Motivasi juga berfungsi untukmendorong siswa agar bersedia melaksanakan tanggung jawabnya untuk belajar,jadi apabila belajar didasari oleh motivasi yang baik dan tinggi diharapkannantinya menghasilkan hasil belajar yang baik pula, sehingga hasil belajar yangdiperoleh sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkanoleh SMK Negeri 1 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubunganantara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X TITL mata diklatMenganalisis Rangkaian Listrik di SMK Negeri 1 Padang T.A 2010/2011Metode penelitian ini bersifat penelitian korelasional. Subjekpenelitiannya adalah siswa kelas X TITL jurusan Teknik Ketenagalistrikan SMKNegeri 1 Padang tahun ajaran 2010/2011, yang berjumlah 28 orang. Dalampenelitian ini menggunakan 2 variabel, yaitu motivasi belajar sebagai variabelbebas (X) dan hasil belajar mata diklat Menganalisis Rangkaian Listrik variabelsebagai variabel terikat (Y). Instrumen yang digunakan dalam penelitian iniadalah angket (kuesioner), yakni angket yang berisi 60 item pernyataan tentangmotivasi berprestasi. Untuk menguji validitas angket digunakan teknik korelasiproduct moment, dari data tabel t diperoleh nilai rtabel sebesar 0,361. Itempernyataan angket dinyatakan valid Apabila r hitung > r tabel. Berdasarkan hasil ujicoba angket motivasi berprestasi yang telah dianalisis, terdapat 48 buah itempernyataan yang valid dan 12 item pernyataan yang tidak valid.Berdasarkan hasil analisis data motivasi berprestasi diperoleh: 1 orangsiswa memiliki tingkat motivasi berprestasi tinggi (3,57%), 27 orang siswamemiliki tingkat motivasi berprestasi rendah (96,43%). Dari hasil analisis korelasiantara motivasi berprestasi terhadap hasil belajar diperoleh nilai r hitung sebesar0,326 dan nilai t hitung sebesar 1,758 (1,758> 0,326), maka Ho ditolak. Artinyaterdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi terhadap hasilbelajar pada mata diklat Menganalisis Rangkaian Listrik di SMK Negeri 1 PadangT.A 2010/2011.Besarnya sumbangan (kontribusi) yang diberikan motivasi berprestasiterhadap hasil belajar mata diklat menganalisis rangkaian listrik sebesar 10,63%.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | MOTIVASI BERPRESTASI, HASIL BELAJAR SISWA, RANGKAIAN LISTRIK |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 05:38 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 05:38 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30974 |
