Syafsensi, Ice (2013) Kontribusi Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Bangunan Siswa SMK Negeri 2 Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_02_ICE_SYAFSENSI_57545_289_2013.pdf
Download (993kB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada ujian semester ganjil tahun ajaran 2011/2012, pada kelas XI TGB1 37,03% dan TGB2 80,77% siswa pada mata pelajaran Gambar Bangunan. Penelitian ini adalah penelitian korelasional, yang bertujuan untuk mengungkapkan kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Gambar Bangunan. Untuk itu dikemukakan hipotesis sebagai berikut, terdapat kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran gambar bangunan siswa SMK Negeri 2 Solok. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Teknik Gambar Bangunan kelas XI sebanyak 43 orang, dengan teknik Total Sampling. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan kuesioner model skala Likert untuk variabel motivasi belajar (X) dan hasil belajar siswa variabel (Y). Analisis data terdiri dari, (1) deskripsi data (2) uji persyaratan analisis dan (3) uji hipotesis. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa koefisien korelasi (r=0,447) pada probabilitas 0,003 < Signifikan Alpha 0,05. Derajat pencapaian responden motivasi belajar 77,21%. Hipotesis yang diajukan diterima, dengan kontribusi motivasi belajar sebanyak 19,9% terhadap hasil belajar mata pelajaran gambar bangunan siswa SMK Negeri 2 Solok.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, gambar bangunan |
| Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 05:32 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 05:32 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30962 |
