Refrianti, Desy (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) dalam Pembelajaran PKn di Kelas V SD Negeri 08 Alang Lawas Kecamatan Padang Selatan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DESY_REFRIANI_90750_2011.pdf
Download (240kB)
Abstract
Kondisi pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) khususnya PendidikanKewarganegaraan (PKn) pada saat ini masih banyak menggunakan model belajarkonvensional (metode Ceramah). Pada pembelajaran, siswa hanya menjadi objek,sehingga kurang mendorong potensi yang dimiliki siswa untuk berkembang.Pembelajaran PKn dengan penggunaan model pembelajaran group investigation(GI) di kelas V SD bagus diterapkan karena dengan model pembelajaran ini siswadituntut lebih aktif dalm proses pembelajaran. Hal tersebut bertujuan agar siswamampu berinteraksi dengan teman kelas, mempunyai sikap menghargai oranglain, kreatif, belajar memecahkan suatu masalah tertentu serta mampu bergauldalam lingkungan kelompok maupun kehidupan sosial.Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa kemampuansiswa kelas V SD Negeri 08 Alang Lawas Kota Padang masih rendah,penyebabnya adalah medel pembelajaran ini jarang digunakan dalampembelajaran PKn. Atas dasar tersebut maka penulis mengadakan penelitian padabidang studi PKn dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learningtipe group investigation (GI).Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuansiswa dalam pembelajaran dengan menggunakan (GI). Hal ini ditunjukkan denganpeningkatan hasil berupa nilai yang didapat siswa, yaitu nilai pada siklus Iberdasarkan dari penilaian hasil dengan rata-rata adalah 60,21. Sedangkan nilaipada pelaksanaan pembelajaran pada siklus II mengalami peningkatan yaitu84,21. Pembelajaran dengan menggunakan model GI dapat meningkatkanpemahaman siswa terhadap materi manfaat berorganisasi dalam kehidupan, hal inidapat dilihat semangat dan kemauan siswa dalam mengikuti kegiatan kelompok.Serta hasil tes belajar siswa yang didapat sudah baik.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, MODEL PEMBELAJARAN, PEMBEAJARAN PKn |
| Subjects: | J Political Science > J General legislative and executive papers L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 01:54 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 01:54 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30943 |
