Rivia, Robert (2013) Perbedaan Hasil Belajar Antara Penggunaan Media CD Interaktif dengan Media Konvensional pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_ROBERT_RIVIA_65131_3344_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil
belajar antara siswa yang belajar menggunakan media CD interaktif dengan siswa
yang menggunakan media konvensional. Penelitian ini dilaksanakan pada
pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Ampek Angkek Kabupaten
Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan rancangan
penelitian Teknik The non Equivalent pretest-pottest control group. Populasi
penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Ampek Angkek.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Ampek Angkek
Kabupaten Agam, dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas X3 SMA Negeri 1
Ampek Angkek Kabupaten Agam, siswa kelas X4 SMA Negeri 1 Ampek Angkek
Kabupaten Agam sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dari hasil tes formatif
mengenai pokok bahasan “Menjelaskan Konsep Permintaan dan Penawaran
Uang”. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial,
yang terdiri dari uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji z pada pretest dengan α = 0,05,
diperoleh zhit = 0,4185 dan ztab = 1,96 sehingga zhit < ztab maka Ho diterima dan
Ha ditolak, artinya tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar pretest antara
kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa sebelum
perlakuan diberikan kemampuan kedua kelas sampel adalah relatif sama. Hasil
perhitungan pada postest menunjukkan bahwa zhitung 4,0682 dan ztabel 1,96 pada α
0,05. Jadi zhitung > ztabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat
perbedaan yang signifikan antara hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan
media CD Interaktif dengan hasil belajar siswa yang menggunakan media
konvensional.
Untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1
Ampek Angkek Kabupaten Agam, disarankan sebaiknya guru menggunakan
media CD interaktif dalam proses pembelajaran ekonomi sebagai alat bantu
mengajar karena dapat meningkatkan keinginan siswa untuk belajar dan lebih
memahami materi pelajaran.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 00:45 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 00:45 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30916 |
