Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah Transformasional Dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Motivasi Kerja Guru SD Negeri Di Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan

Yusak, Suswanti (2012) Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah Transformasional Dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Motivasi Kerja Guru SD Negeri Di Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_SUSWANTI_YUSAK_19696_5919_2012.pdf] Text
final_1_SUSWANTI_YUSAK_19696_5919_2012.pdf

Download (329kB)

Abstract

Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini terlihat bahwa 1) masih ada sebagian guru terkesan melaksanakan tugas asal-asalan, 2) tidak menunjukkan usaha yang sungguh-sungguh untuk membelajarkan siswa dengan baik, tidak membuat persiapan dan perangkat pembelajaran, 3) sebagian guru masih kurang bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas, 4) sebagian guru datang ke sekolah hanya sekedar mengajar, 5) sebagian guru kurang bersemangat dalam mengajar, 6) masih banyak diantara kurang yang tidak memanfaatkan waktu luang untuk berkreativitas. Tujuan penelitian ini adalah kontribusi kepemimpinan kepala sekolah yang transformasional terhadap motivasi kerja guru SD Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan, 2) kontribusi kompetensi pedagogik terhadap motivasi kerja guru SD Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan, 3) kontribusi kepemimpinan kepala sekolah yang transformasional dan kompetensi pedagogik terhadap motivasi kerja guru SD Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metoda kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah 330 orang guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Sampel 136 orang guru yang terpilih melalui teknik stratified proportional random sampling. Penelitian analisis model skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Data ini dianalisis secara statistik menggunakan teknik korelasi dan regresi menggunakan program SPSS Versi 17. Hasil analisis data menunjukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang transformasional berkontribusi terhadap motivasi kerja guru SD Negeri Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan dengan besaran kontribusi sebesar 10,3%, artinya motivasi kerja guru diinterprestasikan melalui kepemimpinan kepala sekolah yang transformasional, kompetensi pedagogik kerja berkotribusi terhadap motivasi kerja guru SD Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan dengan besaran sebesar 11,2%, artinnya motivasi kerja diinterprestasikan melalui kompetensi pedagogik. Kepemimpinan kepala sekolah yang transformasional dan kompetensi pedagogik secara bersama-sama berkontribusi terhadap motivasi kerja guru sebesar 17,2%, artinya bahwa motivasi kerja dapat diinterprestasikan melalui kepemimpinan kepala sekolah yang transformasional dan kompetensi pedagogik guru SD Negeri Kecamatan Koto XI Tarusan.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah Transformasional Dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Motivasi Kerja Guru SD Negeri Di Kecamatan Koto XI Tarusan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 02 Dec 2025 00:52
Last Modified: 02 Dec 2025 00:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30905

Actions (login required)

View Item
View Item