Penggunaan Strategi Group Resume untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 14 Ganting Dodok Sulit Air Kecamatan X Koto Diatas.

Sunata, Yalhendra (2020) Penggunaan Strategi Group Resume untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 14 Ganting Dodok Sulit Air Kecamatan X Koto Diatas. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_YALHENDRA_SUNATA_16124124_1505-2020.pdf] Text
final_1_YALHENDRA_SUNATA_16124124_1505-2020.pdf

Download (975kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa dengan Strategi Group Resume pada siswa kelas IV SDN 14 Ganting Dodok Sulit Air Kabupaten Solok. Hasil belajar yang rendah menjadi salah satu alasan dilaksanakannya penelitian ini. Terdapat beberapa fenomena yang berkaitan dengan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa diantaranya: Dari 18 siswa hanya 4 siswa yang bertanya sesuai indikator keterampilan bertanya dengan persentase 22% (kualikasi kurang). Hal ini terlihat dari kurangnya aktivitas siswa seperti bertanya atau memberikan pendapat yang berkaitan dengan materi yang dipelajari. Dalam proses pembelajaran siswa lebih banyak diam dan hanya mendengarkan penjelasan guru. Ketika diskusi siswa kurang aktif, sehingga menuntut guru untuk mengeaktifan siswa pada pada pembelajaran. Untuk itu peneliti menggunakan Strategi Group Resume dalam meningkatkan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 14 Ganting Dodok Sulit Air Kabupaten Solok dengan jumlah 18 siswa dengan rincian 13 siswa putra dan 5 siswa putri. Untuk memperoleh data penelitian digunakan tiga instumen, yaitu lembar pengamatan, catatan lapangan, dan lembaran tes yang dianalisis secara kualitatif dan kuatitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi group resume dapat meningkatkan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 14 Ganting Dodok Sulit Air Kabupaten Solok. Pada siklus I keterampilan bertanya siswa nilai rata-rata 30 (kualifikasi kurang). Meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 84 kualifikasi sangat baik (SB). Untuk hasil belajar siklus I diperoleh nilai rata-rata 33 kualifikasi kurang (K). Pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 83 kualifikasi baik (SB). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Strategi Group Resume dapat meningkatkan keterampilan bertanya dan belajar siswa pada pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 14 Ganting Dodok Sulit Air Kabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Yalhendra Sunata, 2020: Penggunaan Strategi Group Resume untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 14 Ganting Dodok Sulit Air Kecamatan X Koto Diatas. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 02 Dec 2025 01:48
Last Modified: 02 Dec 2025 01:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30882

Actions (login required)

View Item
View Item