Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi antara Kelas yang Menggunakan Teknik Learning Tournament dengan kelas yang Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining di Kelas X SMAN 7 Padang dan SMAN 8 Padang

Amanda, Yuli (2013) Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi antara Kelas yang Menggunakan Teknik Learning Tournament dengan kelas yang Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining di Kelas X SMAN 7 Padang dan SMAN 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_YULI_AMANDA_05657_6412_2013.pdf] Text
final_B1_1_YULI_AMANDA_05657_6412_2013.pdf

Download (679kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari Proses belajar yang terjadi di Sekolah, banyak metode pembelajaran yang di gunakan oleh guru dalam penyajianya. Diantaranya adalah Strategi pembelajaran Aktif dan Kooperatif . Kedua strategi pembelajaran ini sama-sama memiliki kekuatan dan kelemahan. Untuk menentukan mana proses belajar dan hasil belajar yang baik dilakukan penelitian eksperimen. Melihat gejala tersebut maka dapat di rumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah hasil Belajar Ekonomi siswa pada kelas yang menggunakan Teknik Learning Tournament lebih baik dari pada hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan pembelajaran Kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining di kelas X SMAN 7 Padang dan SMAN 8 Padang. Hipotesis Penelitian adalah terdapat perbedaan yang berarti antara hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Teknik Learning Tournament dan yang menggunakan strategi pembelajaran Kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Teknik Learning Tournament dan strategi pembelajaran Kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining. Populasi penelitian adalah siswa kelas I SMAN 7 Padang dan SMAN 8 Padang, dan teknik dalam penentuan sampel adalah Purposive Sampling, dan yang menjadi sampel adalah kelas X5 eksperimen 1 yang menggunakan Teknik Learning Tournament dan kelas X5 eksperimen 2 menggunakan pembelajaran Kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining, Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (postest), kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji Z.Dari Hasil penelitian terlihat bahwa kelas yang menggunakan Teknik Learning Tournament memiliki nilai rata-rata (88,24) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (80). Hal ini disebabkan karena Teknik Learning Tournament merupakan salah satu metode aktif yang bisa membuat siswa semangat belajar dan dapat mengembangkan kemampuan dan potensinya terutama di dalam mendeskripsikan memahami materi Uang dan Perbankan. Pelaksanaan Teknik Learning Tournament yaitu dengan melibatkan siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang selanjutnya masing-masing kelompok diberikan tugas kelompok yang dibahas secara bersama selanjutnya memberikan kesempatan kepada siswa untuk membuat beberapa pertanyaan secara pribadi untuk menguji pengetahuan siswa dan setelah mengukur pengetahuan masing – masing, guru memberikan tugas dan dijawab secara pribadi. Setelah selesai siswa diwajibkan menghitung skor yang diperoleh setiap kelompok dengan ketentuan. Siswa yang mendapatkan skor yang tertinggi akan diberikan penghargaan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, disarankan kepada guru ekonomi agar dapat menerapkan Teknik Learning Tournament sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi khususnya pada standar kompetensi Memahami uang dan perbankan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Teknik Learning Tournament
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 02 Dec 2025 01:43
Last Modified: 02 Dec 2025 01:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30865

Actions (login required)

View Item
View Item