Deswita, Deswita (2011) Pengaruh Pre-test yang diawali dengan Metode Resitasi Sebelum Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMP Negeri 12 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DESWITA-86210-2011.pdf
Download (129kB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar biologi siswa disebabkan oleh banyak faktor salahsatunya kurang tepatnya strategi pembelajaran yang digunakan guru. Prosespembelajaran yang masih terpusat pada guru menjadikan guru sebagai satusatunya sumber informasi, siswa hanya sebagai pendengar saja sehingga siswaterbiasa menjadi pasif. Dengan pre-test yang diawali dengan metode resitasisebelum pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) diharapkan siswamemiliki persiapan saat pembelajaran berlangsung sehingga siswa akan lebihmudah dan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran dibandingkan dengan siswayang langsung menerima pelajaran dari guru tanpa mempersiapkan diri. Denganmeningkatnya aktivitas dan keaktifan siswa dalam pembelajaran, makadiharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruh pre-test yang diawali dengan metode resitasi sebelumpembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajarbiologi siswa kelas VII SMPN 12 Padang tahun pelajaran 2010/2011.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancanganControl-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswakelas VII SMPN 12 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2010/2011,kecuali kelas RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional). Pengambilamsampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Sampel yangterpilih adalah kelas VII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII2 sebagai kelaskontrol. Alat pengumpulan data merupakan tes hasil belajar siswa. Teknik analisisdata yang digunakan adalah uji-t.Dari hasil perhitungan uji t diperoleh thitung sebesar 5,07. Biladibandingkan dengan ttabel yaitu 1,67, maka thitung > ttabel. Dengan demikian,hipotesis kerja yang diajukan dapat diterima pada taraf nyata 0,05. Jadi, dapatdisimpulkan bahwa pre-test yang diawali dengan metode resitasi sebelumpembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) berpengaruh positif yangsignifikan terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMPN 12 Padang tahunpelajaran 2010/2011. Dengan kata lain, terdapat pengaruh pre-test yang diawalidengan metode resitasi sebelum pembelajaran kooperatif tipe group investigation(GI) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMPN 12 Padang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN KOOPERATIF, HASIL BELAJAR |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 00:40 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 00:40 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30850 |
