Yuhendri, Y (2014) Penguasaan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Selama Mengikuti Program Lapangan Kependidikan (PPLK) Menurut Persepsi Guru Pamong Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan FT UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_YUHENDRI_02670_2491_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari wawancara dengan beberapa guru pamong pada saat melaksanakan PPLK, yang menceritakan masih banyaknya kelemahan kelemahan selama melaksanakan PPLK. Diantaranya keterampilan mengajar dalam proses pembelajaran. Kurangnya keterampilan dalam mengajar mahasiswa PPLK mengakibatkan kurangnya minat siswa untuk belajar dalam kelas.Berdasarkan permasalahan ini, untuk mengetahui bagaimana penguasaan keterampilan mengajar mahasiswa, maka dilakukan penelitian terhadap penguasaan keterampilan dasar mengajar mahasiswa PPLK menurut persepsi guru pamong mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan FT UNP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan mengungkap bagaimana penguasaan keterampilan dasar mengajar mahasiswa selama mengikuti PPLK menurut persepsi guru pamong. Populasi adalah guru pamong pada semester Juli - Desember 2013 sebanyak 50 orang. Teknik pengambilan sampel simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket model skala Likert dan analisis data menggunakan rumus mean dan persentase. Hasil analisis menunjukan persepsi guru pamong mahasiswa Jurusan Teknik Sipil terhadap penguasaan keterampilan dasar mengajar mahasiswa PPLK yang terdiri dari delapan indikator yaitu: (1) keterampilan menjelaskan dalam kategori baik dengan persentase 75,48%; (2) keterampilan bertanya dengan pesentase 74,24%; (3) keterampilan memberi penguatan dengan persentase 74,55%; (4) keterampilan mengadakan variasi dengan persentase 76,24%; (5) keterampilan membuka dan menutup pelajaran dengan persentase 76,97%; (6) keterampilan mengelola kelas dengan persentase 75,57%; (7) keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil denagn persentase 73,46%; (8) keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan dengan persentase 75,9%. Secara umum dapat dilihat persepsi guru pamong terhadap penguasaan keterampilan dasar mengajar siswa termasuk dalam kategori baik.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Dasar Mengajar, Penguasaan Keterampilan,Persepsi |
| Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 01:40 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 01:40 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30848 |
