Pengaruh Pendekatan Open Ended dan Gaya Belajar Siswa terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Kelas IV SD Gugus II Kecamatan Lubuk Basung

Wanelly, Widya (2020) Pengaruh Pendekatan Open Ended dan Gaya Belajar Siswa terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Kelas IV SD Gugus II Kecamatan Lubuk Basung. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_WIDYA_WANELLY_18124084_1736_2020.pdf] Text
final_1_WIDYA_WANELLY_18124084_1736_2020.pdf

Download (580kB)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SD Gugus II Kecamatan Lubuk Basung masih rendah. Hal ini terjadi karena siswa belum terbiasa menyelesaikan permasalahan dengan cara mereka sendiri. Mereka terfokus terhadap penyelesaian yang diberikan oleh guru sehingga siswa sulit untuk mengembangkan ide-ide kreatif dalam menyelesaikan masalah dengan banyak cara. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan pendekatan open ended. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD gugus II Kecamatan Lubuk Basung Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV di SDN 38 Lubuk Sao sebagai kelas eksperimen dan siswa Kelas IV.a di SDN 63 Surabayo sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari hasil tes kemampuan berpikir kreatif serta angket gaya belajar. Analisis data dilakukan menggunakan uji t, uji Anava satu arah dan uji Anava dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh beberapa kesimpulan, yaitu: kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan pendekatan open ended lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara gaya belajar auditorial, visual dan kinestetik.Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif siswa. Dan kemampuan berpikir kreatif siswa yang bergaya belajar auditorial, visual dan kinestetik yang diajar dengan pendekatan open ended lebih baik dari siswa yang bergaya belajar auditorial, visual dan kinestetik yang diajar dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Pendekatan Open Ended dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Kelas IV SD Gugus II Kecamatan Lubuk Basung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 01 Dec 2025 07:06
Last Modified: 01 Dec 2025 07:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30830

Actions (login required)

View Item
View Item