Kontribusi Persepsi tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sikap mengenai Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran terhadap Kompotensi Profesional Guru dalam Pembelajaran

Suparjan, Suparjan (2010) Kontribusi Persepsi tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sikap mengenai Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran terhadap Kompotensi Profesional Guru dalam Pembelajaran. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_SUPARJAN_93211_3499_2012.pdf] Text
final_1_SUPARJAN_93211_3499_2012.pdf

Download (146kB)

Abstract

Kurang positifnya sikap guru terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan kurang sempurnanya sosialisasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan merupakan faktor yang berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kontribusi persepsi tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan terhadap kompetensi profesional guru dalam pembelajaran dan kontribusi sikap guru mengenai penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran terhadap kompetensi profesional guru dalam pembelajaran pada Sekolah Dasar Gugus Sawit Indah Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Penelitian ini menggunakan pendekatan corelational study, yaitu penelitian yang dirancang untuk menentukan tingkat hubungan variabel-variabel yang berbeda dalam sesuatu populasi disebut. Penelitian ini juga mengungkap berapa besar kontribusi variabel-variabel bebas terhadap variabel terikat. Berdasarkan analisis korelasi dan regresi ganda yang telah dilakukan pada penelitian ini, diperoleh persepsi tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan berkontribusi sebesar 16,8% terhadap kompetensi profesional guru dalam pembelajaran, sikap guru mengenai penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran berkontribusi sebesar 12,5% terhadap kompetensi profesional guru dalam pembelajaran, dan persepsi tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan sikap guru mengenai penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran secara bersama-sama berkontribusi sebesar 37,2% terhadap kompetensi profesional guru dalam pembelajaran. Dari hasil analisis ketiga hipotesis di atas dapat diperoleh kesimpulan bahwa hipotesis pertama, ke dua dan ke tiga dalam penelitian ini dapat diterima. Hal ini berarti bahwa persepsi tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan sikap guru mengenai penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan dua faktor pendukung yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan kompetensi profesional guru dalam pembelajaran pada SD Gugus Sawi Indah Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Persepsi tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sikap Mengenai Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Terhadap Kompetensi Profesional Guru dalam Pembelajaran. Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas negeri Padang.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 01 Dec 2025 07:04
Last Modified: 01 Dec 2025 07:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30829

Actions (login required)

View Item
View Item