Pengaruh Penerapan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Padang

Putri, Destia Rahma (2011) Pengaruh Penerapan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DESTIA_RAHMA_PUTRI_77655_2201_2011.pdf] Text
final_B1_DESTIA_RAHMA_PUTRI_77655_2201_2011.pdf

Download (732kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pengaruh penerapan mindmapping terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Padang. (2)perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan teknik mencatat mind mapppingdengan tanpa menggunakan teknik mencatat mind mapping.Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalampenelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Padang tahun pelajaran2010/2011 sebanyak 147 orang, sampel yang diambil adalah kelas VIII.9 denganjumlah siswa sebanyak 36 orang dan kelas VIII.7 dengan jumlah siswa sebanyak 36orang dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Jenis data adalah dataprimer dan data sekunder. Tes yang diberikan berupa tes objektif pilihan ganda,sebelum diberikan tes diujicobakan untuk menguji validitas, realibilitas, indekskesukaran dan daya beda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikanantara penerapan mind mapping terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII SMPNegeri 18 Padang dengan sig 0,008<α=0,05 terlihat t hitung > t tabel yaitu 2,719 > 1,994sehingga Ho ditolak. (2) terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi yang menggunakanteknik mencatat mind mapping memiliki hasil yang lebih tinggi dibandingkan denganyang tanpa menggunakan teknik mencatat mind mapping terlihat dari nilai rata-ratakedua kelas sampel. Kelas eksperimen yang menggunakan teknik mencatat mindmapping memiliki rata-rata 73,22 sedangkan kelas kontrol yang menggunakanmotode ceramah memiliki rata-rata 65,00. Dari hasil uji hipotesis diperoleh Zhit 2,72dan Ztab 1,96 berarti Zhit > Ztab sehingga H0 ditolak.Penelitian ini terbatas pada materi kelas VIII SMP semester genap standarkompetensi memahami terbentuknya harga pasar. Diharapkan ada penelitian lanjutanuntuk materi lain dan ruang lingkup yang lebih luas serta tampilan yang lebih baik,dan sebaliknya guru memakai metode ini dalam proses belajar mengajar padakompetensi dasar mengenai terbentuknya harga pasar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR EKONOMI, MIND MAPPING, AKUNTANSI
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 01 Dec 2025 06:47
Last Modified: 01 Dec 2025 06:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30808

Actions (login required)

View Item
View Item