Muttaqin, Luqmanul Hakim (2013) Pengembangan Strategi Reading Guide dalam Mengoperasikan Software Coreldraw bagi Siswa dengan Hambatan Pendengaran. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_02_LUQMANUL_HAKIM_MUTTAQIN_PLB_95940_5407_2013.pdf
Download (551kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di sekolah tingkat SMLB di Kota Padang. Dimana belum optimalnya pemanfaatan media serta metode yang sesuai dalam mengajarkan materi komputer bagi siswa dengan hambatan pendengaran. Penelitian ini menggunakan Research and Development. Serta ketika pengujian produk dilakukan dengan pretest-posttest one group design. Dimana subjek penelitian diberikan pretest tanpa Reading Guide selanjutnya diberikan posttest dengan Reading Guide dalam mengoperasikan Software CorelDraw. Selanjutnya nilai dari kegiatan pretest dan posttest diolah serta dibandingkan dengan uji U Mann Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan, data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan melihat rata-rata capaian siswa pada saat pretest yang hanya mencapai 38% dalam mengoperasikan Software CorelDraw. Selanjutnya, ketika menganalisis Posttest tedapat peningkatan siswa dalam mengoperasikan Software CorelDraw yakni 80%. Selanjutnya, data diolah agar lebih ilmiah dengan menggunakan uji U Mann Whitney yang menghasilkan Uhit > UTab. Dimana pada perhitungan Uhit= 3, taraf signifikan 95% dan α = 0,05 untuk n =5 diperoleh Utab =2. Berarti dapat disimpulkan bahwa pada taraf α = 0,05 terbukti bahwa berhasilnya pengembangan strategi Reading Guide dalam mengoperasikan Software CorelDraw bagi anak dengan hambatan pendengaran.. Saran dalam peneltian adalah agar guru dapat menggunakan Reading Guide dalam memberikan materi komputer bagi siswa dengan hambatan pendengaran.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pretest-Posttest One Group Design, Anak Hambatan Pendengaran, Research and Development |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 05:07 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 05:07 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30794 |
